Analisislah Perbedaan Pasar Konkret Dan Pasar Abstrak (Daring)

Analisislah perbedaan pasar konkret dan pasar abstrak (daring) - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 6 Halaman 183-184 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
Analisislah perbedaan pasar konkret dan pasar abstrak (daring)

Jawaban :
Perbedaan pasar konkret dan pasar abstrak (daring) diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Pasar konkret mempertemukan pembeli dan penjual secara langsung, sedangkan pasar abstrak melalui perantara atau tidak secara langsung.
  2. Cara transaksi atau pembayaran yang dilakukan di pasar konkret dilakukan secara langsung oleh pembeli dan penjual, sedangkan di pasar abstrak melalui perantara atau dengan cara transfer uang.
  3. Pasar konkret dapat terlihat secara kasat mata. Pembeli, penjual, barang dagangan, letak, dan juga aktivitas transaksi dapat terlihat dengan jelas. Sedangkan untuk pasar abstrak sesuai dengan namanya, aktivitas transaksi yang terjadi tidak terlihat dengan jelas.
Pembahasan :
Bentuk pasar menurut wujudnya diantaranya yaitu meliputi pasar konkret dan pasar abstrak :
  • Pasar Konkret (pasar nyata) merupakan pasar tempat terjadinya hubungan secara langsung antara calon pembeli dengan penjual barang, contoh pasar konkret diantaranya yaitu pasar tradisional, mall, supermarket, swalayan, dan lain-lain.
  • Pasar Abstrak (pasar tidak nyata), merupakan pasar di mana antara penjual dan pembeli bertemu, namun barang yang diperjual belikan tidak secara langsung bisa diperoleh oleh pembeli. Pada pasar abstrak penjual barang hanya memperlihatkan contoh – contoh dari barang yang dijual. Contoh pasar abstrak diantaranya yaitu telemarket dan pasar modal.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Analisislah perbedaan pasar konkret dan pasar abstrak (daring)”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url