Temukan Masalah Permintaan Dan Penawaran Terkait Dengan Masker?

Temukan masalah permintaan dan penawaran terkait dengan masker? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 5 Halaman 177-178 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
Temukan masalah permintaan dan penawaran terkait dengan masker?

Jawaban :
Pada awal masa pandemi covid-19, permintaan masker naik dan melonjak dengan tajam karena tingginya kebutuhan akan masker. Sedangkan penawaran masker terbatas, yang dimana hal tersebut menimbulkan kelangkaan masker dan juga menyebabkan tingginya harga masker.
Seiring dengan berjalannya waktu, pada saat ini sudah banyak pihak yang menjual masker terutama yang berbahan kain dan juga masker bedah, sehingga harga masker berbahan kain dan masker bedah tersebut menjadi relatif lebih terjangkau.
Tetapi, masker berbahan khusus yang sesuai dengan standar kesehatan (N95) masih terbatas karena keterbatasan bahan. Sedangkan permintaan masker N95 tersebut masih banyak sehingga terjadilah kelangkaan masker yang menyebabkan harga masker N95 ini lebih mahal dari pada harga masker kain dan masker bedah.

Pembahasan :
Hukum permintaan menggambarkan tentang hubungan antara tingkat harga dan jumlah barang yang diminta. Hukum permintaan ini menyatakan bahwa hubungan antara jumlah barang yang diminta dan tingkat harga berkorelasi negatif atau berbanding terbalik. Karena permintaan adalah sudut pandang dari konsumen, maka hukum teori penawaran berlawanan dengan hukum pada teori permintaan tersebut. Pada teori penawaran, terdapat hukum yang menyebutkan bahwa, “Semakin tinggi harga suatu barang, maka akan semakin banyak juga barang yang ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah harga dari suatu barang maka semakin sedikit juga barang yang ditawarkan.”

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Temukan masalah permintaan dan penawaran terkait dengan masker?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url