Bandingkan Keunggulan Dan Kekurangan Dari Masing-Masing Lembaga Pembiayaan Yang Telah Kalian Tentukan! Analisislah Dari Keduanya, Mana Yang Lebih Menjamin Prospek Di Masa Depan? Berikan Kritik, Saran Atau Pendapatmu Tentang Keduanya!

Bandingkan keunggulan dan kekurangan dari masing-masing lembaga pembiayaan yang telah kalian tentukan! Analisislah dari keduanya, mana yang lebih menjamin prospek di masa depan? Berikan kritik, saran atau pendapatmu tentang keduanya! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Soal :
3. Bandingkan keunggulan dan kekurangan dari masing-masing lembaga pembiayaan yang telah kalian tentukan!
4. Analisislah dari keduanya, mana yang lebih menjamin prospek di masa depan?
5. Berikan kritik, saran atau pendapatmu tentang keduanya!

Jawaban Dan Pembahasan :
3. Keunggulan dan kekurangan dari masing-masing lembaga pembiayaan
    a. Lembaga Pembiayaan
        Keunggulan lembaga pembiayaan :
    • Cepat dan mudah : Pada umumnya proses pembiayaan dilakukan dengan prosedur yang cepat dan mudah.
    • Pembayaran dapat diangsur : Cara pembayaran angsur yang diterapkan perusahaan pembiayaan membuat konsumen tidak perlu merasa cemas dan khawatir terhadap harga barang yang terlalu tinggi sehingga tidak sesuai dengan anggaran yang dimiliki.
    • Waktu yang fleksibel : Waktu yang fleksibel untuk melunasi pembelian yang konsumen lakukan bisa diperoleh ketika menggunakan jasa dari perusahaan pembiayaan.
    • Bunga yang terjangkau : besaran bunga yang akan diberikan kepada konsumen dari pembiayaan kredit sangat kompetitif karena tetap berpedoman atau mengacu pada suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate).
        Kekurangan lembaga pembiayaan :
    • Adanya Penyitaan : apabila konsumen tidak sanggup melunasi kewajibanya, maka lembaga pembiayaan dapat melakukan penyitaan dengan prosedur yang disepakati.
    • Adanya denda : Perusahaan pembiayaan akan memberikan denda kepada nasabahnya yang tidak membayar angsuran tepat pada waktunya.
    b. Perusahaan Modal Ventura
        Keunggulan Perusahaan Modal Ventura
    • Perusahaan modal ventura sangat concern terhadap kemajuan dari perusahaan pasangan usahanya, sehingga jalannya perusahaan tersebut akan senantiasa atau selalu dilakukan evaluasi kinerjanya.
    • Sumber dana bagi pelaku bisnis yang baru saja berkecimpung dan belum memenuhi syarat untuk memperoleh dana dari sumber pembiayaan lainnya seperti perbankan.
    • Memperoleh bantuan manajemen untuk memajukan perusahaan.
    • Penyertaan modal pada umumnya diberikan kepada pelaku bisnis startup atau UMKM sehingga bisa memperluas kesempatan kerja.
    • Naiknya reputasi perusahaan pasangan usaha, hal ini karena perusahaan modal ventura umumnya sudah mempunyai reputasi yang baik.
    • Perusahaan pasangan usaha bisa memperluas jaringan usahanya melalui patner baru yang dimiliki oleh perusahaan modal ventura.
        Kekurangan Perusahaan Modal Ventura
    • Apabila dilihat dari sudut pandang waktu, pembiayaan modal ventura tersebut dapat termasuk pembiayaan yang cukup mahal.
    • Perusahaan pasangan usaha dapat kehilangan kontrol dan kepemilikan atas perusahaannya, hal ini karena manajemen dan sahamnya dipegang oleh perusahaan modal ventura. Jika perusahaan terindikasi mempunyai gejala kegagalan, maka perusahaan tersebut akan cenderung diambil alih (take over) atau bahkan akan dilikuidasi.
    • Bantuan pembiayaan melalui modal ventura hanya dapat diberikan kepada perusahaan yang memiliki prospek bagus dengan tahapan yang sangat selektif.
4. Ada Kemungkinan, penyaluran pembiayaan terseret switching pembiayaan perusahaan modal ventura dari pembiayaan akan beralih ke penyertaan saham. Banyak perusahaan e-commerce terutama teknologi finansial yang bermunculan justru akan membuat industri modal ventura bergairah. Industri modal ventura akan semakin bertumbuh, hal ini karena pasar masih terbuka lebar.

5. Bagi masyarakat awam, lembaga pembiayaan masih kurang begitu dikenal, kecuali bagi para praktisi di bidang pendidikan dan ekonomi. Jika dibandingkan dengan lembaga keuangan, kehadiran dari lembaga pembiayaan ini dianggap cukup penting. lembaga pembiayaan tersebut tidak hanya berfungsi sebagai alternatif untuk memperoleh dana dan mendukung perkembangan ekonomi nasional, melainkan juga berperan penting dalam pembangunan.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai Bandingkan keunggulan dan kekurangan dari masing-masing lembaga pembiayaan yang telah kalian tentukan! Analisislah dari keduanya, mana yang lebih menjamin prospek di masa depan? Berikan kritik, saran atau pendapatmu tentang keduanya!, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url