Carilah Tugas Dan Fungsi Masing-Masing Dari LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia), PT Pegadaian, PT Sarana Multigriya Finansial, PT Permodalan Nasional Madani, dan PT Danareksa.

Carilah tugas dan fungsi masing-masing dari LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia), PT Pegadaian, PT Sarana Multigriya Finansial, PT Permodalan Nasional Madani, dan PT Danareksa. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Carilah tugas dan fungsi masing-masing dari LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia), PT Pegadaian, PT Sarana Multigriya Finansial, PT Permodalan Nasional Madani, dan PT Danareksa.

Jawaban Dan Pembahasan :
LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia)
Tugas dan Fungsi LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia) :
  • Menyediakan pembiayaan bagi transaksi atau proyek yang dikategorikan tidak bisa dibiayai oleh perbankan namun memilik prospek (non-bankable but feasible) untuk peningkatan ekspor nasional.
  • Mendukung program ekspor nasional melalui Pembiayaan Ekspor Nasional dalam bentuk Pembiayaan, dalam rangka untuk menghasilkan barang dan juga jasa dan/atau usaha lainnya yang menunjang Ekspor.
  • Membantu mengatasi hambatan – hambatan yang dihadapi Bank atau Lembaga Keuangan dalam penyediaan pembiayaan bagi Eksportir, yang secara komersial cukup potensial dan/atau penting dalam perkembangan ekonomi.
PT Pegadaian
- Tugas PT Pegadaian : 
Menyalurkan uang pinjaman atas dasar hukum gadai & usaha – usaha lain yang berkaitan atau berhubungan dengan tujuan pegadaian atas dasar materi.
Fungsi PT Pegadaian :
  • Mengelola penyaluran dana pinjaman atas dasar hukum gadai dengan cara yang cepat, mudah, dan juga aman.
  • Menciptakan dan juga mengembangkan usaha – usaha lain yang menguntungkan bagi pegadaian itu sendiri dan masyarakat pada umumnya.
  • Mengelola keuangan, pendidikan, perlengkapan, kepegawaian, dan pelatihan.
  • Mengelola sebuah organisasi, dan tata cara dalam pelaksanaan pegadaian.
  • Melakukan pengembangan dan juga pengawasan dalam sebuah pengelolaan pegadaian.
PT Sarana Multigriya Finansial
Tugas PT Sarana Multigriya Finansial :
Memfasilitasi aliran dana jangka menengah atau panjang dari pasar modal ke sektor perumahan melalui lembaga penyalur KPR, yang kemudian memungkinkan terciptanya kepemilikan rumah yang layak dan juga terjangkau oleh masyarakat
Fungsi PT Sarana Multigriya Finansial : 
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan sekunder perumahan.

PT Permodalan Nasional Madani
Tugas PT Permodalan Nasional Madani : 
Memberikan solusi pembiayaan pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan kemampuan yang ada berdasarkan kelayakan usaha serta prinsip ekonomi pasar.
Fungsi PT Permodalan Nasional Madani : 
Sebagai solusi peningkatan kesejahteraan melalui akses permodalan, pendampingan dan juga program peningkatan kapasitas para pelaku usaha.

PT Danareksa
Melakukan kegiatan dibidang pasar modal dan juga pasar uang, yang meliputi kegiatan sebagai perusahaan pembiayaan dan juga kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pasar modal, yakni seperti perantara pedagang efek, penjamin emisi efek investasi, reksadana dan lain-lain.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai Carilah tugas dan fungsi masing-masing dari LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia), PT Pegadaian, PT Sarana Multigriya Finansial, PT Permodalan Nasional Madani, dan PT Danareksa, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url