Amatilah Peta Daerah Kalian Misalnya Peta Desa, Peta Kelurahan, Dan Peta Kecamatan/Distrik. Kalian Dapat Menggunakan Peta Umum Atau Peta Tematik (Baik Peta Biasa Maupun Digital Dari Penyedia Layanan Peta Daring) Untuk Pengamatan. Amatilah Informasi Yang Terdapat Di Peta Tersebut Selanjutnya Amatilah Pula Bagaimana Dengan Kondisi Di Lingkungan Yang Sebenarnya!

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 5 Halaman 250-251 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
  • Amatilah peta daerah kalian misalnya peta desa, peta kelurahan, dan peta kecamatan/distrik. Kalian dapat menggunakan peta umum atau peta tematik (baik peta biasa maupun digital dari penyedia layanan peta daring) untuk pengamatan.
  • Amatilah informasi yang terdapat di peta tersebut selanjutnya amatilah pula bagaimana dengan kondisi di lingkungan yang sebenarnya!
  • Temukan perbedaan informasi yang terdapat di peta dengan kondisi lingkungan yang sebenarnya! Misalnya, informasi di peta tertulis sebagai daerah kawasan hijau/lahan pertanian tetapi ternyata kondisinya dan peruntukkannya telah berubah menjadi daerah pemukiman.
  • Analisislah penyebab perubahan dan perbedaan dengan kondisi lingkungan sebenarnya!
  • Identifikasilah dampak dari perubahan tersebut bagi kehidupan dalam jangka pendek (5 tahun) dan jangka panjang (10 tahun)!
  • Berikan solusi terkait masalah informasi tata ruang.
Jawaban :
Apabila kita cermati, soal di atas merupakan tugas praktik di mana siswa diminta untuk mengamati peta tematik di daerah tempat tinggalnya masing-masing den kemudian menjawab sejumlah soal sesuai dengan informasi yang telah didapatkan dari proses identifikasi. Oleh sebab itu, soal diatas tentu tidak bisa diwakilkan sebab tidak akan mewakili kondisi siswa. Pembahasan di dalam jawaban ini hanya akan membahas tentang apa itu peta tematik dan juga fungsinya.

Pembahasan :
Peta tematik merupakan salah satu jenis peta yang di dalamnya menampilkan sebagian dari permukaan bumi secara khusus/berdasarkan pada tema tertentu saja. Contohnya yaitu peta persebaran fauna, maka yang akan kita lihat dan jumpai pada peta tersebut adalah hanya wilayah-wilayah dengan persebaran fauna tertentu. Contoh lainnya yaitu peta curah hujan, yang hanya akan menampilkan wilayah-wilayah dengan keterangan curah hujannya.
Fungsi dari peta tematik tersebut yakni berfungsi untuk memberikan gambaran persebaran suatu fenomena secara geografis, sehingga dapat memberikan informasi yang memadai bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Amatilah peta daerah kalian misalnya peta desa, peta kelurahan, dan peta kecamatan/distrik. Kalian dapat menggunakan peta umum atau peta tematik (baik peta biasa maupun digital dari penyedia layanan peta daring) untuk pengamatan. Amatilah informasi yang terdapat di peta tersebut selanjutnya amatilah pula bagaimana dengan kondisi di lingkungan yang sebenarnya!”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url