Carilah Dua Lembaga Pembiayaan Yang Ada Di Indonesia! Cermati Tiap Produk Yang Ditawarkan Oleh Dua Lembaga Pembiayaan Yang Telah Kalian Temukan!

Carilah dua lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia! Cermati tiap produk yang ditawarkan oleh dua lembaga pembiayaan yang telah kalian temukan! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
  1. Carilah dua lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia!
  2. Cermati tiap produk yang ditawarkan oleh dua lembaga pembiayaan yang telah kalian temukan!
  3. Bandingkan keunggulan dan kekurangan dari masing-masing lembaga pembiayaan yang telah kalian tentukan!
  4. Analisislah dari keduanya, mana yang lebih menjamin prospek di masa depan?
  5. Berikan kritik, saran atau pendapatmu tentang keduanya!

Jawaban Dan Pembahasan :
1. Lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia
    Lembaga Pembiayaan meliputi:
  • Perusahaan Pembiayaan : Perusahaan Pembiayaan merupakan badan usaha yang khusus didirikan untuk melakukan Pembiayaan Konsumen, Sewa Guna Usaha, Anjak Piutang, dan/atau usaha Kartu Kredit.
  • Perusahaan Modal Ventura : Perusahaan Modal Ventura merupakan badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan atau penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee Company) untuk jangka waktu tertentu dalam bentuk penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, penyertaan saham, dan/atau pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha.
  • Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur : Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur merupakan badan usaha yang dibentuk atau didirikan khusus untuk melakukan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana pada proyek infrastruktur.
2. Produk yang ditawarkan oleh lembaga pembiayaan
  a) Produk Perusahaan Pembiayaan
  • Pembiayaan Modal Kerja
  • Pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran yang habis dalam satu siklus aktivitas usaha debitur & merupakan pembiayaan dengan jangka waktu paling lama 2 tahun.
  • Pembiayaan Investasi
  • Pembiayaan untuk pengadaan barang modal beserta jasa yang dibutuhkan untuk aktivitas usaha/investasi, modernisasi, rehabilitasi, ekspansi, atau relokasi tempat usaha/investasi yang diberikan kepada debitur dalam jangka waktu lebih dari 2 tahun.
  • Pembiayaan Multiguna
  • Pembiayaan untuk pengadaan barang dan/atau jasa yang dibutuhkan oleh debitur untuk konsumsi/pemakaian dan bukan untuk keperluan usaha atau aktivitas produktif dalam jangka waktu yang diperjanjikan.
  b) Produk Perusahaan Modal Ventura
  • Pola Bagi Hasil/Partisipasi Terbatas
  • Jenis pembiayaan tersebut adalah jenis pembiayaan yang paling banyak digunakan oleh PMV di daerah - daerah, mengingat rata-rata PKM (Pengusaha Kecil dan Menengah) banyak yang tidak berbentuk PT (Perseroan Terbatas).
  • Penyertaan Saham Langsung
  • Jenis Pembiayaan ini merupakan penyertaan langsung dalam bentuk saham di PPU (Perusahaan Pasangan Usaha). Syarat dari pembiayaan ini yaitu PPU tersebut sudah berbentuk PT (Perseroan Terbatas), atau akan mendirikan PT bersamaan dengan masuknya PMV. Hasil yang diterima oleh PMV yakni berupa dividen yang akan dibagikan setiap tahun dari keuntungan PPU. Keuntungan yang akan dibagi tersebut akan ditentukan bersama diantara Pemegang Saham PPU yang terdiri dari PMV dan juga pengusaha yang menjadi mitra usaha.
  • Obligasi Konversi
  • Jenis pembiayaan tersebut adalah dalam bentuk obligasi yang bisa dikonversikan ke dalam saham biasa yang dikeluarkan oleh PPU yang sudah berbentuk PT (Perseroan Terbatas).

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai Carilah dua lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia! Cermati tiap produk yang ditawarkan oleh dua lembaga pembiayaan yang telah kalian temukan!, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url