Apakah Pengertian Nanoteknologi?

Apakah pengertian nanoteknologi? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Apakah pengertian nanoteknologi?

Jawaban :
Pengertian nanoteknologi yaitu teknologi yang berbasis pada rekayasa material dalam skala nanometer, skala nanometer yakni sebesar 1-100 x 10⁻⁹ meter. Baca juga Apakah pentingnya nanoteknologi?

Pembahasan :
Teknologi nano adalah teknologi yang berbasis pada rekayasa material dalam skala nanometer, skala nanometer yaitu sebesar 1-100 x 10⁻⁹ meter. Konsep dari teknologi nano ini pertama kali diperkenalkan oleh fisikawan yang bernama Richard Feynman pada tahun 1959 melalui presentasinya yang memiliki judul “There’s Plenty of Room at the Bottom” 1. Feynman mencetuskan ide - idenya mengenai kemungkinan merekayasa serta mengontrol materi yang sangat kecil untuk membuat mesin yang berukuran sekelas molekul. Pada saat itu ide-ide dari Richard Feynman hanya dianggap sebagai sebuah lelucon, yang kemudian dideskripsikan di dalam bukunya yang berjudul “Surely You’re Joking, Mr. Feynman”. Hingga kurang lebih setelah 20 tahun kemudian, Erix Drexler dengan lebih spesifik menjelaskan konsep konstruksi sebuah mesin yang sangat kecil dari himpunan atom - atom. Erix Drexler juga secara independen memakai istilah nanoteknologi di dalam bukunya yang memiliki judul ”Engines of Creation: The Coming Era of Nanotechnology”. Baca juga Berdasarkan konsep reaksi terbentuknya endapan AgCl berwarna putih tersebut maka berapa gram larutan AgNO3 yang diperlukan untuk bereaksi dengan air laut? Diskusikan dalam kelompok lalu uraikan perhitungan Kalian.

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai apakah pengertian nanoteknologi, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close