Berdasarkan Konsep Reaksi Terbentuknya Endapan AgCl Berwarna Putih Tersebut Maka Berapa Gram Larutan AgNO3 Yang Diperlukan Untuk Bereaksi Dengan Air Laut? Diskusikan Dalam Kelompok Lalu Uraikan Perhitungan Kalian.

Berdasarkan konsep reaksi terbentuknya endapan AgCl berwarna putih tersebut maka berapa gram larutan AgNO3 yang diperlukan untuk bereaksi dengan air laut? Diskusikan dalam kelompok lalu uraikan perhitungan Kalian. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Berdasarkan konsep reaksi terbentuknya endapan AgCl berwarna putih tersebut maka berapa gram larutan AgNO3 yang diperlukan untuk bereaksi dengan air laut? Diskusikan dalam kelompok lalu uraikan perhitungan Kalian.

Jawaban :
Larutan AgNO3 yang diperlukan untuk bereaksi dengan air laut adalah sebanyak 83,3 gram

Pembahasan :
Massa suatu senyawa bisa dicari berdasarkan hubungan antara jumlah mol dengan berat molekulnya (Mr), sesuai dengan persamaan berikut ini :
Massa senyawa = mol senyawa x Mr senyawa

Pada soal di atas, reaksi antara larutan NaCl yang terkandung di dalam air laut dengan AgNO3 adalah sebagai berikut :
NaCl(aq) + AgNO3(aq) -> AgCl(s) + NaNO3(aq)

Sesuai dengan persamaan reaksi tersebut, maka mol AgNO3 sama dengan mol AgCl, hal ini karena perbandingan koefisien keduanya sama. Jadi, untuk menentukan mol AgNO3, terlebih dahulu kita harus mencari mol AgCl.

Berikut dibawah ini adalah cara untuk mencari mol AgCl :
Mol AgCl = massa AgCl : Mr AgCl
Mol AgCl = massa AgCl : [(1 x Ar Ag) + (1 x Ar Cl)]
Mol AgCl = 69,70 gram : [(1 x 108) + (1 x 35,5)] gram/mol
Mol AgCl = 69,70 gram : 143,5 gram/mol
Mol AgCl = 0,49 mol

Setelah kita mengetahui mol AgCl, selanjutnya kita dapat mengetaui mol AgNO3 :
Mol AgNO3 = mol AgCl = 0,49 mol

Kemudian dibawah ini adalah cara untuk mengetahui massa dari AgNO3 :
Massa AgNO3 = mol AgNO3 x Mr AgNO3
Massa AgNO3 = mol AgNO3 x [(1 x Ar Ag) + (1 x Ar N) + (3 x Ar O)]
Massa AgNO3 = 0,49 mol x [(1 x 108) + (1 x 14) + (3 x 16)] gram/mol
Massa AgNO3 = 0,49 mol x (108 + 14 + 48) gram/mol
Massa AgNO3 = 0,49 mol x 170 gram/mol
Massa AgNO3 = 83,3 gram


Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai berapa gram larutan AgNO3 yang diperlukan untuk bereaksi dengan air laut, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close