Apakah Pentingnya Nanoteknologi?

Apakah pentingnya nanoteknologi? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Apakah pentingnya nanoteknologi?

Jawaban :
Nanoteknologi penting karena keunggulannya di dalam memahami, menggunakan, serta mengendalikan sejumlah kecil materi, mirip dengan tingkat atom, digunakan untuk membuat bahan, instrumen, dan juga kerangka kerja baru. Manfaat nanoteknologi sangatlah luas, yakni meliputi aplikasi pada industri baja, industri kemasan, peralatan olah raga, pelapisan dekorasi, industri polimer, tekstil, keramik, industri farmasi dan kedokteran, elektronika, kecantikan, transportasi, pertanian dan pangan, industri air, dan masih banyak lagi. Baca juga Berdasarkan konsep reaksi terbentuknya endapan AgCl berwarna putih tersebut maka berapa gram larutan AgNO3 yang diperlukan untuk bereaksi dengan air laut? Diskusikan dalam kelompok lalu uraikan perhitungan Kalian.

Pembahasan :
Penerapan teknologi nano pada berbagai bidang akan dapat mengubah kehidupan masyarakat modern. Dengan membuat partikel berskala nanometer, kemudian menyusupkannya di antara partikel-partikel berukuran mikron, akan dapat menghasilkan jenis material baru yang bersifat super, antara lain yakni tingkat kekerasan, pengantaran listrik, dan sifat magnetnya. Dengan kelebihan tersebut akan dihasilkan produk-produk yang berkualitas, yaitu tidak mudah aus, hemat energi karena tahan panas, dan juga tidak memerlukan pendinginan. Dengan demikian, dapat membantu menghemat biaya operasional dan pemeliharaan serta ramah lingkungan. Memadukan material nano titan nitril di dalam komposit keramik akan dapat menghasilkan material baru yang kekerasannya melebihi intan. Apabila material nano tersebut digunakan pada cat, maka akan berefek antigores, antiluntur, dan juga memantulkan panas. Baca juga Tulislah persamaan reaksi kimia setara antara ion karbonat (CO₃²⁻ ) dengan ion hidrogen (H⁺) menghasilkan air dan gas karbondioksida (CO₂). Ingatlah bahwa koefisien reaksi kimia haruslah sudah disetarakan untuk menghitung: a) Berapa jumlah mol CaCO₃? Jika diketahui Ar Ca=40; Ar C=12; Ar O=16 b) Berapa ton kapur dalam bentuk senyawa CaCO₃?

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai apakah pentingnya nanoteknologi, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close