Carilah Data Nomor Atom Dan Nomor Massa Dari Unsur Aluminium Dan Unsur Kalsium Pada Tabel Sistem Periodik. Buatlah Konfigurasi Elektron Kedua Unsur Tersebut Menggunakan Diagram Teori Model Atom Bohr (Lihat Contoh Pada Tabel 5.4). Tentukan Jumlah Kulit Dan Jumlah Elektron Valensinya.

Carilah data nomor atom dan nomor massa dari unsur aluminium dan unsur kalsium pada tabel sistem periodik. Buatlah konfigurasi elektron kedua unsur tersebut menggunakan diagram teori model atom Bohr (lihat contoh pada Tabel 5.4). Tentukan jumlah kulit dan jumlah elektron valensinya. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Carilah data nomor atom dan nomor massa dari unsur aluminium dan unsur kalsium pada tabel sistem periodik. Buatlah konfigurasi elektron kedua unsur tersebut menggunakan diagram teori model atom Bohr (lihat contoh pada Tabel 5.4). Tentukan jumlah kulit dan jumlah elektron valensinya.

Jawaban :
Dibawah ini adalah konfigurasi elektron Al dan Ca :
13Al : 2 8 3
20Ca : 2 8 8 2

Jumlah kulit Al ada tiga buah dan jumlah kulit Ca ada empat buah.
Elektron valensi Al = 3

Pembahasan :
Konfigurasi elektron merupakan susunan elektron berdasarkan kulit atau orbital dari suatu atom. Konfigurasi elektron Bohr didasarkan pada kulit atomnya. Nomor atom merupakan jumlah total proton suatu atom, sedangkan nomor massa merupakan jumlah total proton dan neutronnya. Pada atom tidak bermuatan, jumlah elektron sama dengan jumlah protonnya. Jadi, besarnya nomor atom sama dengan jumlah elektron atom tidak bermuatan. Nomor atom Al adalah 13 dan nomor massanya 27, sedangkan Nomor atom Ca adalah 20 dan nomor massanya 40.

Dibawah ini adalah konfigurasi elektron Al dan Ca :
13Al : 2 8 3
20Ca : 2 8 8 2

Jumlah kulit Al ada tiga buah dan jumlah kulit Ca ada empat buah. Elektron valensi merupakan elektron pada kulit terluar. Maka elektron valensi Al = 3 ,dan elektron valensi Ca = 2 Baca juga Apakah pentingnya nanoteknologi?

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai konfigurasi elektron kedua unsur tersebut menggunakan diagram teori model atom Bohr, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close