Apa Yang Kalian Ketahui Tentang Konstitusi Dan UUD NRI Tahun 1945?

Apa yang kalian ketahui tentang Konstitusi dan UUD NRI Tahun 1945? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Apa yang kalian ketahui tentang Konstitusi dan UUD NRI Tahun 1945?

Jawaban :
Konstitusi merupakan sebuah hukum dasar yang dijadikan sebagai landasan dan pegangan di dalam penyelenggaraan suatu wilayah atau negara. Sedangkan UUD (Undang-Undang Dasar) tahun 1945 merupakan keseluruhan naskah yang terdiri dari pembukaan beserta dengan pasal - pasalnya. Baca juga Apa yang dimaksud dengan gotong royong?

Pembahasan :
Konstitusi jika dalam bahasa Inggris yakni “constitution” atau dalam bahasa Belandanya “constitutie” yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah Undang-Undang Dasar. Kata konstitusi sendiri mempunyai arti yang lebih luas dari pada undang-undang dasar, hal ini karena pengertian dari undang-undang dasar hanya mencakup naskah secara tertulis saja, dan di samping itu masih terdapat juga konstitusi yang tidak tertulis, yang dimana hal tersebut tidak tercakup di dalam undang-undang dasar.

Undang-undang dasar adalah naskah yang memaparkan rangka dan juga tugas-tugas pokok dari badan pemerintahan di dalam suatu negara serta menentukan pokok-pokok cara kerja dari badan-badan tersebut. Kedudukan UUD 1945 merupakan sebagai hukum dasar dan bukan hukum biasa.

Dengan demikian, konstitusi merupakan sebuah hukum dasar yang dijadikan sebagai landasan dan pegangan di dalam penyelenggaraan suatu wilayah atau negara. Sedangkan UUD (Undang-Undang Dasar) tahun 1945 merupakan keseluruhan naskah yang terdiri dari pembukaan beserta dengan pasal - pasalnya. Baca juga Ada berapa jenis gotong royong? Sebutkan dan jelaskan!

Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai Konstitusi dan UUD NRI Tahun 1945, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url