Sebutkan Contoh-Contoh Pasal Dan Ayat Dalam UUD NRI Tahun 1945 Yang Terkait Langsung Dengan Kehidupan Sehari-Hari!

Sebutkan contoh-contoh pasal dan ayat dalam UUD NRI Tahun 1945 yang terkait langsung dengan kehidupan sehari-hari! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Sebutkan contoh-contoh pasal dan ayat dalam UUD NRI Tahun 1945 yang terkait langsung dengan kehidupan sehari-hari!

Jawaban :
Contoh - contoh pasal dan ayat dalam UUD NRI Tahun 1945 yang terkait langsung dengan kehidupan sehari – hari antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Pasal 28E ayat (1) Undang-Undang Dasar Tahun 1945 yang berbunyi : “Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, memilih pendidikan dan pengajaran, memilih pekerjaan, memilih kewarganegaraan, memilih tempat tinggal di wilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.”
  2. Pasal 28E ayat (2) UUD 1945 menyatakan bahwa setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan.
  3. Pasal 29 ayat (2) UUD 1945 juga menyatakan bahwa Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduknya untuk memeluk agama. Baca juga Apa yang kalian ketahui tentang Konstitusi dan UUD NRI Tahun 1945?
Pembahasan :
Diatas telah disebutkan contoh - contoh pasal dan ayat dalam UUD NRI Tahun 1945 yang terkait langsung dengan kehidupan sehari – hari. Dari contoh – contoh pasal tersebut dapat diterjemahkan sebagai berikut :

Di dalam kehidupan sehari - hari setiap warga negara Indonesia mempunyai kebebasan dalam memeluk sebuah agama. Tidak boleh ada paksaan kepada siapapun dalam menentukan sebuah agama. Kemudian masih pada pasal 28E ayat 1 yang menyebutkan bahwa setiap warga negara bebas memilih pendidikan dan pekerjaannya. Yang berarti dalam kehidupan sehari - hari setiap warga Indonesia diberikan kebebasan dalam menentukan dimana dia akan bersekolah dan dimana dia akan bekerja.

Kemudian disebutkan bahwa setiap warga berhak memilih kewarganegaraan serta memilih tempat tinggal sesuai dengan kehendak masing-masing. Dalam kehidupan sehari hari telah diterapkan dimana setiap orang dapat menetap di sebuah daerah, dan pindah ke daerah lainnya tanpa ada paksaan apapun. Baca juga Apa yang dimaksud dengan gotong royong?

Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai contoh-contoh pasal dan ayat dalam UUD NRI Tahun 1945 yang terkait langsung dengan kehidupan sehari-hari, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close