Ada Berapa Jenis Gotong Royong? Sebutkan Dan Jelaskan!

Ada berapa jenis gotong royong? Sebutkan dan jelaskan! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Ada berapa jenis gotong royong? Sebutkan dan jelaskan!

Jawaban:
Gotong royong memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu :
Pembahasan :
  • Musyawarah
  • Musyawarah dapat dikategorikan sebagai salah satu jenis gotong royong, hal ini karena musyawarah merupakan sebuah cara atau media untuk mencapai sebuah kesepakatan bersama. Dengan adanya musyawarah, masyarakat dapat berkumpul serta berdiskusi tentang masalah yang sedang mereka hadapi.
  • Kerja Bakti
  • Kerja bakti adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama - sama di lingkungan masyarakat sekitar. Aktivitas kerja bakti juga merupakan suatu bentuk kegiatan yang dapat meningkatkan rasa saling tolong menolong antar masyarakat.
  • Tanggap Bencana
  • Tanggap bencana merupakan suatu kegiatan yang berupa sebuah proses respon dari masyarakat atau warga untuk bekerjasama dalam menghadapi sebuah musibah ataupun bencana.
  • Belajar bersama
  • Belajar bersama juga merupakan salah satu dari jenis gotong royong. Dalam kegiatan ini, para pelajar ataupun mahasiswa biasanya melakukan sebuah kerjasama dalam bentuk belajar bersama yang bertujuan untuk memecahkan suatu persoalan atau membahas materi yang mereka anggap sulit. Baca juga Sebutkan contoh-contoh praktik gotong royong yang ada di lingkungan sekitarmu!
  • Panen Raya
  • Saat musim panen tiba, biasanya masyarakat akan melakukan gotong royong untuk membantu proses panen. Yang nantinya mereka akan membagikan sebagian dari hasil panennya kepada orang - orang yang telah membantu dalam proses panen tersebut.
Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai beberapa jenis gotong royong, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close