Sebutkan Contoh-Contoh Praktik Gotong Royong Yang Ada Di Lingkungan Sekitarmu!

Sebutkan contoh-contoh praktik gotong royong yang ada di lingkungan sekitarmu! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Sebutkan contoh-contoh praktik gotong royong yang ada di lingkungan sekitarmu!

Jawaban :
Contoh-contoh praktik gotong royong yang ada di lingkungan sekitar, dapat dikategorikan dalam dua sifat, yakni gotong royong yang bersifat non-fisik, dan gotong royong yang bersifat fisik.
  • Contoh praktik gotong royong yang bersifat non-fisik, antara lain adalah sebagai berikut :
    1. Bersama – sama memberikan bantuan kepada yang membutuhkan bantuan.
    2. Bersama – sama mencari solusi atas sebuah persoalan.
    3. Bersama – sama memberikan gagasan atau ide. Baca juga Bagaimana cara mengaplikasikan konsep gotong royong dalam kehidupan sehari-hari?
  • Contoh praktik gotong royong yang bersifat fisik, antara lain adalah sebagai berikut :
    1. Gotong royong membersihkan tempat ibadah.
    2. Gotong royong membersihkan lingkungan sekitar.
    3. Gotong royong membersihkan ruangan kelas.
    4. Gotong royong membersihkan rumah.
Pembahasan :
Gotong royong merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki dan masih melekat di dalam kehidupan masyarakat Indonesia hingga saat ini. Gotong royong berasal dari kata gotong yang berarti bekerja dan royong yang berarti bersama. Gotong royong sudah mendarah daging dan bahkan menjadi kepribadian bangsa Indonesia, budaya gotong royong ini sudah berakar kuat di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Selain itu, sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat, hampir semua daerah yang ada di Indonesia telah menanamkan nilai gotong royong. Baca juga Apa saja karakter atau ciri-ciri kehidupan masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila?

Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai contoh-contoh praktik gotong royong yang ada di lingkungan sekitar, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close