Dengan Angka Kemiskinan Yang Semakin Tinggi, Menurut Kalian, Bagaimana Cara Mengatasi Kemiskinan Yang Merupakan Bagian Dari Masalah Ketimpangan Sosial? Berikan Pendapat Kalian Tentang Solusi Mengatasi Masalah Ini, Setidaknya Empat Solusi.

Dengan angka kemiskinan yang semakin tinggi, menurut kalian, bagaimana cara mengatasi kemiskinan yang merupakan bagian dari masalah ketimpangan sosial? Berikan pendapat kalian tentang solusi mengatasi masalah ini, setidaknya empat solusi. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 7 Halaman 132-134 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal : 
1. (soal nomor 1&2 sudah di bahas di artikel sebelumnnya)
2. (soal nomor 1&2 sudah di bahas di artikel sebelumnnya)
3. Dengan angka kemiskinan yang semakin tinggi, menurut kalian, bagaimana cara mengatasi kemiskinan yang merupakan bagian dari masalah ketimpangan sosial? Berikan pendapat kalian tentang solusi mengatasi masalah ini, setidaknya empat solusi.
Jawaban dan Pembahasan nomor 3:
Cara mengatasi kemiskinan yang merupakan bagian dari masalah ketimpangan sosial antara lain adalah sebagai berikut :

1. Memberikan subsidi kepada masyarakat miskin.
Subsidi yang dimaksudkan yakni berupa BLT atau bantuan sembako serta bantuan dalam bentuk lainnya, agar warga masyarakat bisa dan mampu untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

2. Melakukan pemberdayaan dan pemberian bantuan modal.
Hal tersebut berkaitan dengan pemberian pelatihan keterampilan, yang kemudian pihak pemberdaya dan juga pemerintah melakukan tindak lanjut untuk memberikan bantuan modal, sehingga warga atau masyarakat bisa mengembangkan keterampilan yang diberikan serta melakukan peningkatan taraf hidupnya.

3. Meningkatkan pelayanan publik.
Hal tersebut berkaitan dengan perbaikan fasilitas dan juga pelayanan publik bagi masyarakat yang tidak mampu, sehingga tidak terdapat perbedaan antara satu masyarakat dengan masyarakat lainnya. Biasanya pemerintah akan memberikan bantuan fasilitas kesehatan gratis kepada masyarakat yang kurang mampu sehingga masyarakat kurang mampu tersebut bisa melakukan pengobatan jika sakit.

4. Melakukan peningkatan kualitas mutu SDM (sumber daya manusia).
Hal tersebut berkaitan dengan pemerataan pendidikan kepada seluruh masyarakat tanpa membeda-bedakan status sosialnya, sehingga semua masyarakat bisa mendapatkan pendidikan yang layak untuk meningkatkan kualitas diri individu.

Dari beberapa upaya di atas, menunjukkan bahwa untuk mengatasi kemiskinan, upaya yang harus di lakukan bukan hanya berasal dari pemerintah kepada masyarakat saja. Tetapi juga harus diikuti dengan kemauan masyarakat dalam mengembangkan kehidupannya untuk menjadi lebih baik dan juga sejahtera.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai Dengan angka kemiskinan yang semakin tinggi, menurut kalian, bagaimana cara mengatasi kemiskinan yang merupakan bagian dari masalah ketimpangan sosial? Berikan pendapat kalian tentang solusi mengatasi masalah ini, setidaknya empat solusi., semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url