1. Tulis Pendapat Kalian Mengenai Definisi Dari Masing-Masing Tingkatan Norma Dan Aspek Pembeda Setiap Tingkatan Norma. 2. Berikan Contoh Tentang Pelanggaran Norma Yang Kalian Temukan Dari Lingkungan. 3. Jelaskan Mengapa Terdapat Pelanggaran Norma Yang Kalian Temukan. 4. Jelaskan Pendapat Kalian Mengenai Solusi Untuk Mengatasi Pelanggaran Tersebut!

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Lembar Aktivias 5 Halaman 120 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
1. Tulis pendapat kalian mengenai definisi dari masing-masing tingkatan norma dan aspek pembeda setiap tingkatan norma.
2. Berikan contoh tentang pelanggaran norma yang kalian temukan dari lingkungan.
3. Jelaskan mengapa terdapat pelanggaran norma yang kalian temukan.
4. Jelaskan pendapat kalian mengenai solusi untuk mengatasi pelanggaran tersebut!

Jawaban Dan Pembahasan :
Jawaban nomor 1-3 di bawah ini sudah disesuaikan dengan format table yang ada pada soal
Tingkatan Norma
a. Norma cara (usage)
  • Definisi : Norma cara merupakan bentuk perbuatan yang dilakukan oleh individu dalam masyarakat namun perbuatannya tidak dilakukan secara terus-menerus. Sanksi jika melakukan penyimpangan dalam norma cara yaitu berupa celaan oleh masyarakat dan tidak akan mendapatkan hukuman berat.
  • Contoh pelanggaran norma : Bersendawa dengan suara keras, membuang sampah sembarangan.
  • Penyebab pelanggaran norma : Penyebab munculnya pelanggaran norma ini yaitu karena kurangnya rasa kesadaran diri.
b. Norma kebiasaan (folkways)
  • Definisi : Norma kebiasaan merupakan perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dalam bentuk atau cara yang sama.
  • Contoh pelanggaran norma : Menyerobot barisan antrean
  • Penyebab pelanggaran norma : Penyebabnya adalah karena adanya rasa tidak peduli terhadap sekitar dan lebih mementingkan dirinya sendiri.
c. Norma tata kelakuan (mores)
  • Definisi : Norma Tata kelakuan merupakan sekumpulan perbuatan yang menjadi sifat suatu kelompok manusia dan dilakukan dengan sadar.
  • Contoh pelanggaran norma : Mencuri barang milik orang lain, tidak mematuhi peraturan lalu lintas.
  • Penyebab pelanggaran norma : Penyebab munculnya pelanggaran adalah karena kurangnya rasa kepatuhan sehingga menyebabkan terjadinya penyimpangan.
d. Norma adat istiadat (custom)
  • Definisi : Norma Adat istiadat merupakan kumpulan dari tata kelakuan yang mempunyai kedudukan paling tinggi karena sifatnya yang ketat dan juga mengikat.
  • Contoh pelanggaran norma : Larangan bermain di luar rumah pada saat malam hari.
  • Penyebab pelanggaran norma  : Penyebab munculnya pelanggaran adalah karena kurang menghargai dan memahami norma-norma adat yang berlaku.
Jawaban nomor 4
4. Solusi untuk mengatasi pelanggaran
Apabila dilihat dari sudut pandang ilmu sosiologi, solusi untuk mengatasi pelanggaran norma dalam kehidupan masyarakat adalah dengan menggunakan pengendalian sosial.
Menurut Peter L. Berger, pengendalian sosial merupakan cara-cara yang digunakan masyarakat untuk menertibkan anggotanya yang membangkang. Artinya pengendalian sosial tersebut dilakukan sebagai wujud dalam menangani masalah pelanggaran norma yang ada di dalam kehidupan masyarakat, melalui berbagai upaya dan cara yang disertai dengan sanksi-sanksi, agar masyarakat bisa menyadari fungsi dan menjalankan norma sebagai pedoman kehidupan sosial.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai 1. Tulis pendapat kalian mengenai definisi dari masing-masing tingkatan norma dan aspek pembeda setiap tingkatan norma. 2. Berikan contoh tentang pelanggaran norma yang kalian temukan dari lingkungan. 3. Jelaskan mengapa terdapat pelanggaran norma yang kalian temukan. 4. Jelaskan pendapat kalian mengenai solusi untuk mengatasi pelanggaran tersebut!, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url