1. Temukan Berbagai Contoh Bentuk Tertib Sosial Dan Penyimpangan Sosial Yang Terdapat Di Masyarakat Kalian. 2. Jelaskan, Mengapa Hal Itu Dapat Terjadi? 3. Apabila Itu Contoh Tertib Sosial, Tuliskan Hal Baik Apa Yang Patut Dijaga. Apabila Itu Contoh Penyimpangan Sosial, Tuliskan Solusi Yang Menurut Kalian Dapat Mengatasi Masalah Tersebut. 4. Buatkah Kesimpulan Dari Temuan Kalian Yang Terkait Dengan Mengapa Lembaga Sosial Yang Berfungsi Dengan Baik Dapat Menyebabkan Tertib Sosial, Sebaliknya Lembaga Sosial Yang Fungsinya Tidak Berjalan Dapat Menyebabkan Penyimpangan Sosial?

1. Temukan berbagai contoh bentuk tertib sosial dan penyimpangan sosial yang terdapat di masyarakat kalian. 2. Jelaskan, mengapa hal itu dapat terjadi? 3. Apabila itu contoh tertib sosial, tuliskan hal baik apa yang patut dijaga. Apabila itu contoh penyimpangan sosial, tuliskan solusi yang menurut kalian dapat mengatasi masalah tersebut. 4. Buatkah kesimpulan dari temuan kalian yang terkait dengan mengapa lembaga sosial yang berfungsi dengan baik dapat menyebabkan tertib sosial, sebaliknya lembaga sosial yang fungsinya tidak berjalan dapat menyebabkan penyimpangan sosial? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Lembar Aktifitas 6 Halaman 128 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
1. Temukan berbagai contoh bentuk tertib sosial dan penyimpangan sosial yang terdapat di masyarakat kalian.
2. Jelaskan, mengapa hal itu dapat terjadi?
3. - Apabila itu contoh tertib sosial, tuliskan hal baik apa yang patut dijaga.
   - Apabila itu contoh penyimpangan sosial, tuliskan solusi yang menurut kalian dapat mengatasi masalah tersebut.
4. Buatkah kesimpulan dari temuan kalian yang terkait dengan mengapa lembaga sosial yang berfungsi dengan baik dapat menyebabkan tertib sosial, sebaliknya lembaga sosial yang fungsinya tidak berjalan dapat menyebabkan penyimpangan sosial?

Jawaban dan Pembahasan :
1. Berbagai contoh bentuk tertib sosial dan penyimpangan sosial yang terdapat di masyarakat antara lain adalah sebagai berikut :

Contoh perilaku tertib sosial :
  • Mengikuti upacara bendera pada hari senin.
  • Membuang sampah pada tempat sampah.
  • Mematuhi peraturan lalu lintas.
  • Bergantian menjaga keamanan lingkungan dengan cara mengikuti ronda.
Contoh perilaku penyimpangan sosial :
  • Tawuran.
  • Penggunaan obat-obatan terlarang.
  • Mencuri.
  • Bullying.
  • Membuang sampah sembarangan
2. Perilaku tertib sosial dapat terjadi karena lembaga sosial yang ada bisa berfungsi dengan baik, begitu pula sebaliknya perilaku penyimpangan sosial dapat terjadi karena lembaga sosial yang ada tidak berfungsi dengan benar.

3. - Hal baik yang harus dijaga dalam perilaku tertib sosial dari menjaga keamanan lingkungan dengan cara mengikuti ronda sangat bermanfaat agar masyarakat yang hidup di dalam lingkungan tersebut merasa aman.
- Sedangkan solusi untuk membantu mengatasi perilaku penyimpangan sosial yaitu dengan cara melakukan penyuluhan terhadap setiap lembaga sosial agar dapat berjalan dengan baik sehingga membuat para anggota masyarakat menjadi tertib sosial.

4. Kesimpulan
Perilaku penyimpangan sosial akibat dari kurang berfungsinya lembaga sosial harus dibenahi, hal ini karena lembaga sosial mempunyai peran untuk mengawasi, mengendalikan, dan juga menyadarkan anggotanya agar mematuhi norma-norma yang berlaku. Tujuan dari lembaga pengendalian sosial tersebut yaitu untuk mewujudkan kedamaian dan juga ketertiban di dalam masyarakat.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai 1. Temukan berbagai contoh bentuk tertib sosial dan penyimpangan sosial yang terdapat di masyarakat kalian, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url