Bagaimana Pemanfaatan SIG Untuk Wilayah Kalian? Dapatkah SIG Menjadi Perangkat Untuk Memperbaiki Keadaan Dengan Lebih Baik?

Bagaimana pemanfaatan SIG untuk wilayah kalian? Dapatkah SIG menjadi perangkat untuk memperbaiki keadaan dengan lebih baik? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 7 Halaman 259-260 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
Bagaimana pemanfaatan SIG untuk wilayah kalian? Dapatkah SIG menjadi perangkat untuk memperbaiki keadaan dengan lebih baik?

Jawaban Dan Pembahasan :
Pemanfaat SIG saat ini sangat memiliki banyak manfaat pada pemantauan tata ruang wilayah, perencanaan wilayah laut & pesisir, pengkajian kesesuaian tanaman & permukiman, pemantauan daerah aliran sungai (DAS) & pendeteksi rawan bencana. SIG tersebut juga menjadi perangkat yang bisa dimanfaatkan dari segala bidang di dalam kehidupan masyarakat.
Manfaat SIG dalam membantu analisis pengembangan suatu wilayah, antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Inventarisasi sumber daya alam, untuk mengetahui persebaran berbagai SDA (sumber daya alam) yang tersebar pada suatu wilayah. Misalnya yakni minyak bumi, emas, besi, dan juga batubara.
  2. Manajeman tata guna lahan, untuk menemukan zonafikasi lahan yang sesuai dengan karakteristik lahan yang ada. Misalnya yakni wilayah pemanfaatan lahan di kota umumnya menjadi daerah permukiman, perdagangan, perkantoran, industri, dan juga fasilitas umum.
  3. Perencanaan wilayah dan kota, perencanaan tata ruang wilayah, kawasan industri, kesesuaian lahan permukiman, permukiman, pasar, perkebunan, pertanian.
  4. Pengawasan daerah bencana, memantau luas wilayah bencana alam serta pencegahan terjadinya bencana alam di masa yang akan datang.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Bagaimana pemanfaatan SIG untuk wilayah kalian? Dapatkah SIG menjadi perangkat untuk memperbaiki keadaan dengan lebih baik?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url