Hal Apa Yang Sebaiknya Dilakukan Petani Ketika Akan Menanam? Mengapa Hal Tersebut Sebaiknya Dilakukan, Jelaskan Alasanmu!

Hal apa yang sebaiknya dilakukan petani ketika akan menanam? Mengapa hal tersebut sebaiknya dilakukan, jelaskan alasanmu! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 7 Halaman 259-260 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka

Soal :
Hal apa yang sebaiknya dilakukan petani ketika akan menanam? Mengapa hal tersebut sebaiknya dilakukan, jelaskan alasanmu!

Jawaban Dan Pembahasan :
Ketika akan menanam suatu tumbuhan, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. 
Hal yang sebaiknya dilakukan petani ketika akan menanam diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Melihat kondisi tanah yang akan ditanami, apakah tanah tersebut terlalu kering ataukah tanah tersebut terlalu berair. Jika tanah terlalu kering, tumbuhan tidak bisa hidup dan tumbuh karena kekurangan air, sedangkan apabila tanah yang digunakan terlalu berair maka akan mengakibatkan tumbuhan busuk dan kemudian mati. Sehingga kondisi tanah yang bisa digunakan untuk bertanam adalah kondisi tanah yang gembur.
  • Persemaian bibit terlebih dahulu. Bibit tanaman yang akan ditanam adalah bibit yang unggul sehingga nantinya akan didapatkan hasil panen yang memuaskan. Persemaian bibit tersebut dilakukan di sebuah wadah atau tempat lain terlebih dahulu.
  • Penanaman tumbuhan yang tumbuh di hasil persemaian. Penanaman tumbuhan dilakukan dengan tidak terlalu rapat dan diberi jarak agar pertumbuhan tanaman tersebut tidak terganggu.
  • Pemberian pupuk yang tepat dan sesuai agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.
Hal tersebut diatas sebaiknya dilakukan karena agar tanaman yang di tanam bisa tumbuh dengan baik dan subur sehingga kemudian hasil petani akan meningkat dan juga memuaskan.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Hal apa yang sebaiknya dilakukan petani ketika akan menanam? Mengapa hal tersebut sebaiknya dilakukan, jelaskan alasanmu!”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url