Amati Dan Temukan Identitas Teman-Teman Kalian Baik Di Kelas Maupun Di Sekolah Kalian. Misalnya 10 Teman. Lakukan Wawancara Untuk Mengetahui Identitas Teman Kalian. Identifikasi Dan Buatlah Pengelompokkan Identitas Mereka Berdasarkan Asal Daerah, Suku, Jenis Kelamin, Agama, Kegemaran Dan Pembeda Lainnya.

Amati dan temukan identitas teman-teman kalian baik di kelas maupun di sekolah kalian. Misalnya 10 teman. Lakukan wawancara untuk mengetahui identitas teman kalian. Identifikasi dan buatlah pengelompokkan identitas mereka berdasarkan asal daerah, suku, jenis kelamin, agama, kegemaran dan pembeda lainnya. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
  • Amati dan temukan identitas teman-teman kalian baik di kelas maupun di sekolah kalian. Misalnya 10 teman.
  • Lakukan wawancara untuk mengetahui identitas teman kalian.
  • Identifikasi dan buatlah pengelompokkan identitas mereka berdasarkan asal daerah, suku, jenis kelamin, agama, kegemaran dan pembeda lainnya.
  • Analisislah, mengapa terdapat perbedaan dan keragaman identitas?
  • Temukan, tantangan apa yang paling sering terjadi berikut kelebihan dari adanya perbedaan identitas.
  • Buatlah solusi dari tantangan yang ada dan tulislah kebaikankebaikan yang patut untuk dilestarikan.
  • Tulislah refleksi singkat dalam satu paragraf temuan kalian.
  • Presentasikan temuan kalian.
  • Tulislah temuan atau kesimpulan kalian dalam satu paragraf pada buku tulis atau media lain.
Jawaban Dan Pembahasan :
• Perbedaan dan Keragaman Identitas
Perbedaan dan juga keragaman identitas di dalam masyarakat banyak dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya seperti :
  1. Adanya isolasi geogarfis yang menyebabkan beragamnya ras dan juga suku bangsa di Indonesia.
  2. Adanya pengaruh budaya asing yang menyebabkan beragamnya latar belakang agama.
  3. Adanya pebedaan iklim/cuaca yang menyebabkan beragamnya profesi di Indonesia.
• Tantangan yang paling sering terjadi berikut kelebihan dari adanya perbedaan identitas :
Perbedaan identitas kerap kali memicu timbulnya konflik sosial, yakni pertentangan yang terjadi karena adanya perbedaan identitas antara pihak-pihak yang berkonflik. Hal tersebut merupakan tantangan yang harus diatasi oleh masyarakat yang mempunyai perbedaan identitas.
Pada beberapa kasus, perbedaan identitas seseorang bisa berakibat pada adanya konflik sosial. Misalnya yakni, konflik ras karena perbedaan latar belakang identitas berdasarkan ciri fisik (ras), konflik antarumat beragama karena adanya perbedaan identitas agama yang dimiliki, dan lain sebagainya.
Kelebihan adanya perbedaan identitas :
  1. Keberagaman yang ada di Indonesia merupakan Berkah.
  2. Menjadi Identitas Negara.
  3. Dapat membentuk masyarakat yang toleran antar sesama.
  4. Keanekaragaman budaya membuat masyarakat kaya akan pengetahuan.
  5. Manfaat keberagaman sebagai peluang usaha daerah setempat.
• Solusi dari tantangan yang ada dan kebaikan-kebaikan yang patut untuk dilestarikan
Keberagaman Agama
Di Indonesia terdapat 6 agama yang diakui oleh negara. Dengan adanya banyak agama tersebut bisa memicu konflik antar agama. Akan tetapi di Indonesia sudah ada UUD Negara Indonesia yang mengatur tentang umat beragama sehingga bisa menekan konflik antar agama. Keenam agama tersebut harus hidup berdampingan di dalam masyarakat dengan prinsip toleransi antarumat beragama.

Kebaikan-kebaikan yang patut untuk dilestarikan
- Membentuk Masyarakat yang toleran, toleransi merupakan rasa saling menghargai, menghormati dan juga memberi privasi kepada orang lain. Dengan mempunyai banyak keberagaman, maka hal tersebut akan memupuk sikap toleran pada masyarakat.
- Keberagaman hendaknya bisa terwujud di dalam kehidupan sehari-hari. Adapun contoh penerapannya antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi antar masyarakat.
  2. Mampu menghargai karakter yang dimiliki oleh setiap individu.
  3. Membuat masyarakat belajar untuk hidup dengan rukun.
  4. Perbedaan menjadikan masyarakat menjadi saling melengkapi antara satu sama lain.
  5. Menumbuhkan jiwa nasionalisme atau cinta tanah air.
• Refleksi singkat Perbedaan Identitas
Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya multikultur, dimana masyarakatnya terdiri dari berbagai macam ragam identitas kebudayaan, suku, kebiasaan yang hidup dalam suatu negara. Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia sangat ideal bagi kondisi Indonesia. Diharapkan bisa menjadi pedoman hidup warga negara Indonesia agar tidak terpecah belah oleh konflik SARA (suku, ras, agama) yang sangat riskan timbul dan terjadi pada negara multikultur seperti Indonesia.

• Kesimpulan
Indonesia merupakan salah satu negara dengan keberagaman yang begitu banyak. Keberagaman Indonesia tidak akan berjalan dengan baik apabila masyarakatnya terlalu diam. Justru, masyarakat Indonesia mempungai sifat yang memang sangat mencintai keberagaman ini. Keberagaman bukanlah penghalang untuk dapat bekerjasama dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik.
Berikut di bawah ini adalah beberapa tips untuk menjaga keberagaman yang ada di Indonesia agar semakin menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju di masa depan.
  1. Membantu Satu Sama Lain
  2. Saling Menghargai
  3. Saling Menjalin Kebersamaan
  4. Tidak Saling Menjatuhkan
Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai Amati dan temukan identitas teman-teman kalian baik di kelas maupun di sekolah kalian. Misalnya 10 teman. Lakukan wawancara untuk mengetahui identitas teman kalian. Identifikasi dan buatlah pengelompokkan identitas mereka berdasarkan asal daerah, suku, jenis kelamin, agama, kegemaran dan pembeda lainnya, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url