Pahami Yang Dimaksud Dengan Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandingkan Kedua Metode Penelitian Tersebut. Temukan Kelebihan Dan Kelemahan Dari Kedua Metode Tersebut. Identifikasi Teknik Pengumpulan Data Dari Kedua Metode Tersebut. Tulislah Temuan Atau Kesimpulan Kalian Dalam Satu Paragraf Pada Buku Tulis Atau Media Lain.


Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
  1. Pahami yang dimaksud dengan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif.
  2. Bandingkan kedua metode penelitian tersebut.
  3. Temukan kelebihan dan kelemahan dari kedua metode tersebut.
  4. Identifikasi teknik pengumpulan data dari kedua metode tersebut.
  5. Tulislah temuan atau kesimpulan kalian dalam satu paragraf pada buku tulis atau media lain.
Jawaban Dan Pembahasan :
1. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
a. Metode Penelitian Kuantitatif
John W. Creswell dalam bukunya yang berjudul Desain Riset: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (2017:4-5), menjelaskan bahwa penelitian metode kuantitatif merupakan metode penelitian yang menguji teori tertentu dan mencari data penelitian dengan cara meneliti hubungan antarvariabel. Berbagai variabel tersebut diukur secara matematis dan juga statistik sehingga data yang berbentuk angka-angka dianalisis berdasarkan prosedur statistika.
b. Metode Penelitian Kualitatif
Metode tersebut mengeksplorasi dan juga memahami makna, simbol, motivasi, pengalaman individu yang menjadi subyek penelitian. Metode penelitian kualitatif ini mengutamakan kualitas data. Bentuk data dari metode kualitatif yaitu pernyataan, pendapat, serta gambaran/deskripsi dari subyek penelitian. Teknik pengumpulan data pada metode kualitatif tersebut didapatkan melalui pengamatan/observasi dan juga wawancara dengan subyek penelitian.

2. Perbandingkan antara Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kualitatif
Metode Penelitian kuantitatif merupakan metode penelitian yang di dalamnya menggunakan banyak angka. Mulai dari proses pengumpulan data sampai penafsirannya. Sedangkan Metode Penelitian Kualitatif merupakan metode penelitian yang Teknik pengumpulan datanya didapatkan melalui observasi/pengamatan dan juga wawancara dengan subyek penelitian.

3. Kelebihan dan Kelemahan dari Kedua Metode
a. Metode Penelitian Kuantitatif
    Kelebihan :
  • Mampu memanfaatkan teori yang ada.
  • Penelitian lebih berjalan sistematis.
  • Jelas, spesifik, dan juga rinci.
  • Penelitian lebih berjalan objektif.
  • Ukuran penelitian besar, sehingga menjadi nilai tambah tersendiri.
    Kekurangan :
  • Penelitian tidak subyektif.
  • Pengambilan data cenderung berasal dari nilai yang tertinggi.
  • Dibatasi oleh peluang untuk menggali responden dan kualitas perangkat pengumpul data orisinal.
  • Orientasi hanya terbatas pada nilai dan juga jumlah.
  • Keterlibatan periset umumnya terbatas.
b. Metode Penelitian Kualitatif
    Kelebihan :
  • Memiliki landasan teori yang sesuai dengan fakta.
  • Deskripsi dan interpretasi dari informan bisa diteliti secara mendalam.
  • Penelitian lebih berjalan subyektif.
  • Adanya pemahaman khusus dalam menganalisa.
  • Sangat efektif digunakan dalam mencari tanggapan dan juga pandangan karena bertemu langsung.
    Kekurangan :
  • Bersifat sirkuler.
  • Peneliti bertanggung jawab besar terhadap informasi yang disampaikan oleh informan.
  • Ukuran penelitian kecil.
  • Perbedaan antara fakta dan kebijakan kurang jelas.
  • Tidak efektif apbila ingin meneliti secara keseluruhan atau besar-besaran.
4. Teknik Pengumpulan Data Dari Kedua Metode
a. Teknik Pengumpulan Data Metode Penelitian Kuantitatif
Beberapa teknik pengumpulan data yang biasa digunakan untuk penelitian kuantitaif antara lain adalah sebagai berikut :
• Survey dan Kuesioner
Peneliti akan melakukan survey dengan cara menyebar kuesioner sebagai instrument penelitian. Teknik tersebut adalah salah satu wadah efisien dan juga efektif untuk mengumpulkan data secara numerik.
• Dataset Statistik
Dataset yang digunakan biasanya dikumpulkan oleh pikah ketiga yang mempunyai otoritas. Peneliti tidak perlu melakukan penyebaran kuesioner dan hanya mengakses dataset hasil survey lembaga lain terkait permasalahan yang sedang diteliti.
• Wawancara
Wawancara merupakan proses pengumpulan data menggunakan informan yang diberikan beberapa atau sejumlah pertanyaan untuk kepentingan penelitian. Penelitian kuantitatif menggunakan wawancara dengan bentuk yang terstruktur.
• Observasi
Observasi melibatkan beberapa indera peneliti, terutama penglihatan dan juga pendengaran untuk menagkap fenomena yang bisa dijadikan data penelitian.

b. Teknik Pengumpulan Data Metode Penelitian Kualitatif
Beberapa teknik pengumpulan data yang sering kali digunakan dalam penelitian kualitatif antara lain adalah sebagai berikut :
• Teknik Wawancara
Teknik wawancara yang digunakan dalam penelitian kualitatif merupakan wawancara yang mendalam. Proses wawancara tersebut dilakukan dengan bertatap muka, dan kemudian mengajukan pertanyaan yang sebelumnya sudah dipersiapkan peneliti menggali lebih dalam informasi yang diberikan oleh informan.
• Observasi
Seperti dalam penelitian kuantitatif, di dalam penelitian kualitatif observasi juga menggunakan indera peneliti. Informasi yang didapatkan saat observasi merupakan tempat, pelaku, waktu, dan juga peristiwa.
• Studi Dokumen
Dokumen adalah salah satu sumber data untuk melengkapi penelitian. Dokumen tersebut bisa berupa sumber tertulis, film, dan juga gambar.
• Teknik Triangulasi
Cara tersebut dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber dan menggunakan suatu metode yang sama. Peneliti bisa melakukan observasi, wawancara mendalam, atau dokumentasi sebagai sumber data.

5. Kesimpulan
Terdapat dua metode penelitian yang digunakan oleh para peneliti dalam lingkup ilmu sosial, antara lain yaitu metode kuantitatif dan juga metode kualitatif. Di antara dua metode penelitian tersebut, metode kuantitatif adalah metode yang lebih banyak digunakan, dibandingkan dengan metode kualitatif. Dengan kata lain, metode penelitian kuantitatif tersebut lebih populer jika dibandingkan dengan metode penelitian kualitatif.
Tetapi demikian, Chua (1986) menyatakan bahwa metode kuantitatif yang menekankan pada hipotesis-deduktif mempunyai keterbatasan dalam menjangkau permasalahan yang diteliti. Dengan keterbatasan tersebut, diperlukan adanya metode alternatif lain yang dapat menjawab pertanyaan-pernyataan yang tidak bisa dijawab dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode tersebut yaitu metode kualitatif.
Seiring dengan berkembangnya zaman, khususnya di dalam bidang akuntansi dan juga manajemen, mulai banyak peneliti yang mulai menggunakan metode kualitatif dan hasil penelitiannya juga telah diterbitkan pada jurnal akuntansi dan manajemen yang bereputasi baik (Basri, 2014). Hal tersebut menunjukkan bahwa metode kualitatif mulai memperoleh perhatian dari para peneliti.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai Pahami yang dimaksud dengan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url