Latihan Soal TPS UTBK 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis Lengkap Dengan Jawabannya

Latihan soal TPS UTBK 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis lengkap dengan jawabannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Latihan soal TPS UTBK 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis lengkap dengan jawabannya.

Berikut di bawah ini adalah Latihan soal TPS UTBK 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis lengkap dengan jawabannya :

Bacalah teks berikut, kemudian jawablah soal-soal yang tersedia dengan memilih jawaban yang tepat di antara pilihan jawaban A, B, C, D, atau E.

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 21 sampai 25.
(1) Buah yang dijuluki "Raja" semua buah ini mungkin tidak banyak disukai karena baunya yang sangat tajam. (2) Namun, siapa sangka jika di dalam daging buah durian terkandung asam amino langka. (3) Para peneliti dari Leibniz-Institute for Food Systems Biology di Technical University of Munich menemukan adanya asam amino langka yang disebut dengan Ethionine di dalam daging buah.
(4) Durian bernama latin Durio zibethinus ini adalah tanaman tropis khas Asia Tenggara. (5) Buah ini dikenal karena ukurannya yang besar, dengan kulit tajam dan aromanya yang dianggap seperti campuran belerang dan bawang. (6) Bau durian, menurut peneliti, merupakan gabungan beberapa zat kesuburan dengan dominasi sulfur atau belerang yang sangat menyengat.
(7) Bahkan, bagi orang barat, yang tidak terbiasa mengkonsumsi durian, buah ini tampak tidak biasa dan terkadang dianggap menjijikkan. (8) "Kami telah menunjukkan, bau dari buah ini ternyata disebabkan oleh ethanethiol dan turunannya," ujar penulis penelitian Dr. Nadine Fischer dan Dr. Martin Steinhaus. (9) Kendati demikian, keduanya masih mencari tahu dan belum dapat menjelaskan jalur biokimia saat tanaman ini menghasilkan ethanethiol tersebut. (10) Hal inilah yang menjadi tujuan utama penelitian tersebut. (11) Para peneliti mencoba menyaring durian untuk mencari keberadaan ethionine, yakni pelopor bau menyengat pada buah ini.
(12) Akhirnya, para peneliti berhasil mendeteksi ethionine dengan mempelajari pengaruh varietas dan tahap pematangan. (13) Peneliti juga telah mengkonfirmasi perannya sebagai pelopor munculnya ethanethiol.

21. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
Kalimat inti pada kalimat (3) adalah …
A. Para peneliti menemukan.
B. Temuan adanya asam amino.
C. Asam amino langka telah ditemukan.
D. Para peneliti dari Leibniz-Institute for Food Systems Biology.
E. Dalam daging buah ditemukan asam amino langka yang disebut Ethionine.
Jawaban: A
Pembahasan:
Sebuah kalimat utuh memiliki inti, yaitu kata yang berkedudukan sebagai subjek dan predikat.
Perhatikan analisis struktur berikut:
Kalimat inti dalam sebuah kalimat berkedudukan sebagai subjek dan predikat.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

22. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
Penggunaan tanda kutip pada kalimat (1) berfungsi untuk ….
A. menandakan kata tersebut mempunyai arti khusus
B. menandakan kata tersebut adalah arti dari sebuah kata
C. menandakan bawah kata tersebut adalah kata yang penting diingat
D. menandakan kata tersebut adalah kata yang diserap dari bahasa asing
E. menandakan sebuah istilah ilmiah yang belum dikenal oleh masyarakat umum
Jawaban: A
Pembahasan:
Salah satu fungsi tanda kutip adalah untuk menunjukkan sebuah kata memiliki arti khusus. Kata raja pada pada kalimat (1) bukan berarti seorang yang tinggal di istana dan memiliki suatu kedudukan.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

23. Subtopik: Pemahaman Isi Bacaan
Pernyataan implisit yang tidak sesuai dengan teks tersebut adalah ….
A. Pada daging buah durian ditemukan asam amino langka.
B. Tanaman durian merupakan tanaman khas Asia Tenggara.
C. Buah durian mungkin tidak banyak disukai karena baunya yang sangat tajam.
D. Bau durian berasal dari gabungan beberapa zat kesuburan yang sangat menyengat.
E. Buah durian tampak tidak biasa dan terkadang dianggap menjijikkan bagi orang barat.
Jawaban: E
Pembahasan:
Pernyataan implisit adalah pernyataan yang terdapat dalam teks. Pernyataan yang tidak tepat terdapat pada pilihan E, yaitu Buah durian tampak tidak biasa dan terkadang dianggap menjijikkan bagi orang barat. Pernyataan tersebut tidak tepat karena tidak semua orang barat mengganggap bahwa buah durian dianggap menjijikan (kalimat 7).
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

24. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
Bentukan kata tidak tepat ditemukan pada ….
A. Kalimat (1)
B. Kalimat (3)
C. Kalimat (9)
D. Kalimat (11)
E. Kalimat (13)
Jawaban: E
Pembahasan:
Pembentukan kata yang tidak tepat ditemukan dalam kalimat nomor 13, yaitu pada kata mengkonfirmasi. Pembentukan kata yang tepat adalah mengonfirmasi karena terdapat proses peleburan imbuhan. Peleburan imbuhan terjadi apabila imbuhan me- bertemu dengan kata yang diawali huruf K, T, S, P, terdiri lebih dari satu suku kata, dan diawali huruf konsonan dan huruf kedua vokal.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

25. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
Penggunaan tanda koma yang tidak tepat ditemukan pada ….
A. Kalimat (2)
B. Kalimat (5)
C. Kalimat (6)
D. Kalimat (8)
E. Kalimat (9)
Jawaban: B
Pembahasan:
Penggunaan tanda koma yang tidak tepat terdapat pada kalimat (5). Kesalahan penggunaan tanda koma terdapat pada setelah kata tajam. Tanda koma digunakan untuk memisahkan perincian yang lebih dari dua unsur, misalnya : apel, mangga, dan jambu. Tanda koma tidak digunakan apabila perincian hanya dua unsur misalnya, air dan api. Dengan demikian, perbaikan yang tepat untuk kalimat kedua adalah Buah ini dikenal karena ukurannya yang besar, dengan kulit tajam, dan aromanya yang dianggap seperti campuran belerang dan bawang.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.


Itu dia tadi Latihan soal TPS UTBK 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis lengkap dengan jawabannya. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url