Contoh Soal TPS SNBT 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis Lengkap Beserta Pembahasannya

Contoh soal TPS SNBT 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis lengkap beserta pembahasannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Contoh soal TPS SNBT 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis lengkap beserta pembahasannya.

Berikut di bawah ini adalah Contoh soal TPS SNBT 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis lengkap beserta pembahasannya :

Teks berikut diikuti oleh dua butir pertanyaan. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E).

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 26 sampai 30.
Bagi penyuka 26spot-spot unik namun tak terlalu dibanjiri turis, coba jadwalkan untuk datang ke Madura pada rencana perjalanan 27Anda. Destinasi di sebelah timur Jawa Timur ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah nan eksotis.
Salah satu yang dapat dinikmati adalah 28air terjun Toroan yang terletak di Kabupaten Sampang. Air terjun dengan ketinggian 20 meter tersebut memiliki keunikan karena terletak di pesisir Pantai Nepa, menghadap pada lautan lepas. Tumpahan air terjun langsung menyatu dengan air laut yang berada di sebuah muara. Ada banyak turunan air di tempat ini. Namun, hanya ada satu air terjun yang begitu deras dan besar.
Dikelilingi dengan pohon yang rindang serta kesegaran air yang dimilikinya menjadi keunggulan tersendiri bagi tempat ini. Perpaduan antara gemericik air terjun dengan deburan ombak di pantai memberikan efek 29relaksasi di tengah suasana alam yang masih natural. Aliran air terjun tersebut mengalir dari Sungai Payung yang berada di bagian 30timur kota Sampang.

26. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. spot
C. “spot”
D. “spot-spot”
E. spot-spot
Jawaban: E
Pembahasan:
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata spot merupakan bentuk cakapan yang memiliki makna tempat yang digunakan untuk kegiatan tertentu (olahraga, wisata, belajar, dan sebagainya). Penulisan kata cakapan dalam sebuah kalimat menggunakan huruf cetak miring.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

27. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. dia
C. anda
D. ananda
E. saudara
Jawaban: A
Pembahasan:
Salah satu penggunaan huruf kapital adalah pada kata sapaan. Kata Anda dan Saudara adalah kata sapaan. Dengan demikian, kata Anda penulisannya harus diawali dengan huruf kapital.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

28. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. air terjun toroan
C. air Terjun Toroan
D. Air Terjun Toroan
E. Air Terjun di Toroan
Jawaban: D
Pembahasan:
Nama tempat atau nama geografis yang diikuti nama diri harus ditulis dengan awal huruf kapital. Misalnya, Gunung Bromo, Sungai Kapuas, Laut Jawa, Dll. Kata Air Terjun Toroan merupakan nama geografis yang diikuti dengan nama diri. Dengan demikian, ditulis menggunakan huruf awal kapital.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

29. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. relax
C. reaksi
D. relaksasi
E. Relaxation
Jawaban: A
Pembahasan:
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata relaksasi memiliki makna cara atau tindakan untuk mengistirahatkan atau menyenangkan diri. Kata relaksasi merupakan kata baku dan sudah tertera di kamus. Dengan demikian, penulisan kata relaksasi tidak perlu ditulis menggunakan huruf cetak miring. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

30. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Timur Kota Sampang
C. Timur kota sampang
D. Kota Sampang Timur
E. timur Kota Sampang
Jawaban: E
Pembahasan:
Penulisan arah mata angin (timur, barat, utara, selatan, dll.) ditulis kapital apabila menunjukkan nama tempat, kota, atau provinsi, misalnya Jakarta Barat, Jawa Timur, Afrika Selatan, dll. Kata timur pada timur Kota Sampang tidak menunjukkan nama kota.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.


Itu dia tadi Contoh soal TPS SNBT 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis lengkap beserta pembahasannya. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url