Contoh Soal TPS Penalaran Umum UTBK 2023 Lengkap Dengan Pembahasannya

Contoh soal TPS Penalaran Umum UTBK 2023 lengkap dengan pembahasannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Contoh soal TPS Penalaran Umum UTBK 2023 lengkap dengan pembahasannya.

Berikut di bawah ini adalah Contoh soal TPS Penalaran Umum UTBK 2023 lengkap dengan pembahasannya :

1. Topik: Kesesuaian Pernyataan
Subtopik: Konsep Kilat Kesesuaian Pernyataan (NEW!)
Perhatikan teks berikut!
Melihat kucing tiba-tiba mengonsumsi rumput menimbulkan rasa kekhawatiran. Tak jarang juga para pemilik kucing mencoba mencegah kelakuan kucingnya yang tiba-tiba mengunyah rumput liar di sekitaran rumah. Sebuah penelitian mengatakan bahwa hal ini dilakukan karena tanaman yang tidak dapat dicerna kucing itu justru dapat membersihkan pencernaannya dari cacing parasit dengan memuntahkannya.

Manakah pernyataan berikut yang akan MEMPERKUAT hasil penelitian tersebut?
A. Rumput menjadi makanan sehat bagi kucing karena mudah dicerna.
B. Kucing yang muntah setelah memakan rumput memiliki usia yang lebih panjang.
C. Kucing yang memakan rumput memiliki cacing parasit dalam organ pencernaannya.
D. Pemilik kucing rajin memberikan rumput untuk membersihkan cacing parasit pada kucing.
E. Pemilik kucing mencegah kucingnya untuk memakan rumput karena rumput tidak dapat dicerna kucing.
Jawaban : B
Pembahasan :
Pernyataan yang memperkuat adalah pernyataan yang bersifat mendukung. Hasil penelitian mengatakan bahwa kucing memakan rumput karena tanaman yang tidak dapat dicerna kucing itu justru dapat membersihkan pencernaannya dari cacing parasit dengan memuntahkannya. Berikut ini adalah hasil analisis dari setiap pilihan jawaban terhadap hasil penelitian.
  • Pilihan jawaban A tidak tepat karena tidak sesuai dengan hasil penelitian. Rumput dapat dikatakan menjadi obat bagi kucing untuk membersihkan pencernaannya karena rumput sulit dicerna sehingga pernyataan pada pilihan jawaban A tidak memperkuat hasil penelitian.
  • Pilihan jawaban B tepat karena menurut hasil penelitian, rumput yang dimakan kucing akan membuat kucing muntah sehingga dapat membersihkan pencernaannya. Dengan bersihnya pencernaan dan terbebas dari cacing parasit, kucing akan memiliki usia hidup yang lebih panjang. Oleh karena itu, pernyataan pada pilihan jawaban B memperkuat hasil penelitian.
  • Pilihan jawaban C tidak tepat karena tidak memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menjelaskan tentang manfaat rumput bagi kebersihan pencernaan kucing, sedangkan pilihan jawaban C membahas tentang kucing yang memakan rumput memiliki cacing parasit dalam organ pencernaannya.
  • Pilihan jawaban D tidak tepat karena tidak sesuai dengan hasil penelitian. Dalam hasil penelitian tidak dijelaskan mengenai pemilik kucing yang memberikan rumput untuk makan kucing. Dalam teks juga dikatakan bahwa tak jarang pemilik kucing mencoba mencegah kelakuan kucingnya yang tiba-tiba mengunyah rumput liar di sekitaran rumah. Artinya, kucing tidak diberikan makan rumput oleh pemiliknya, melainkan memakannya sendiri.
  • Pilihan jawaban E tidak tepat karena tidak memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menjelaskan manfaat memakan rumput bagi kucing, sedangkan pernyataan pada pilihan jawaban E menjelaskan keadaan yang dikatakan pada kalimat kedua dalam teks.
Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

2. Topik: Kesesuaian Pernyataan
Subtopik: Konsep Kilat Kesesuaian Pernyataan (NEW!)
Perhatikan grafik berikut!
Pernyataan yang paling sesuai berdasarkan grafik tersebut adalah …
A. Pada tahun 2020, persentase peningkatan penyerapan tenaga kerja lebih rendah daripada persentase peningkatan realisasi investasi.
B. Pada tahun 2021, realisasi investasi mengalami penurunan yang cukup drastis.
C. Penurunan penyerapan tenaga kerja tertinggi terjadi pada tahun 2021.
D. Perubahan penyerapan tenaga kerja tertinggi terjadi pada tahun 2014.
E. Realisasi investasi akan selalu meningkat setiap tahunnya.
Jawaban : D
Pembahasan :
Grafik tersebut menunjukkan angka realisasi investasi dan penyerapan tenaga kerja dari tahun 2013 sampai dengan bulan Juni 2021. Untuk menjawab soal pernyataan paling sesuai berdasarkan grafik, maka periksa masing-masing kesesuaian pilihan jawaban dengan grafik.
- Pilihan jawaban A tidak tepat. Berikut ini merupakan perhitungan untuk mencari persentase peningkatan penyerapan tenaga kerja tahun 2020.
1,16 – 1,03 x 100% = 0,13 x 100%
     1,03                        1,03
                                ≈ 12,62%
Kemudian, berikut ini adalah perhitungan untuk mencari persentase peningkatan realisasi investasi tahun 2020.
826,3 – 809,6 x 100% =  16,7  x 100%
        809,6                       809,6
                                    ≈ 2,06%
Dengan demikian, pada tahun 2020, persentase peningkatan penyerapan tenaga kerja lebih tinggi daripada persentase peningkatan realisasi investasi, bukan lebih rendah. Oleh karena itu, pernyataan pilihan jawaban A tidak sesuai berdasarkan grafik.
- Pilihan jawaban B tidak tepat karena berdasarkan grafik, data tahun 2021 belum sepenuhnya ada sehingga belum mewakili keseluruhan tahun 2021 dan tidak dapat ditentukan apakah realisasi investasi mengalami penurunan yang cukup drastis atau tidak. Dengan demikian, pernyataan pilihan jawaban B kurang sesuai berdasarkan grafik.
- Pilihan jawaban C tidak tepat karena berdasarkan grafik, data tahun 2021 belum sepenuhnya ada sehingga belum mewakili keseluruhan tahun 2021 dan tidak dapat ditentukan apakah penurunan penyerapan tenaga kerja tertinggi terjadi pada tahun 2021. Dengan demikian, pernyataan pilihan jawaban C kurang sesuai berdasarkan grafik.
- Pilihan jawaban D tepat. Berikut ini adalah perhitungan masing-masing perubahan penyerapan tenaga kerja setiap tahunnya (fokus pada diagram garis yang menunjukkan banyaknya penyerapan tenaga kerja).
Tahun 2021 tidak dapat dihitung karena datanya belum ada secara keseluruhan.
Tahun 2020 : 1,16 – 1,03 = 0,13 jt orang
Tahun 2019 : 1,03 – 0,96 = 0,07 jt orang
Tahun 2018 : 1,18 – 0,96 = 0,22 jt orang
Tahun 2017 : 1,39 – 1,18 = 0,21 jt orang
Tahun 2016 : 1,44 – 1,39 = 0,05 jt orang
Tahun 2015 :1,44 – 1,43 = 0,01 jt orang
Tahun 2014 :1,83 – 1,43 = 0,40 jt orang
Perubahan penyerapan tenaga kerja tertinggi terjadi pada tahun 2014, yaitu sebesar 0,40 juta orang. Dengan demikian, pernyataan pilihan jawaban D sesuai dengan grafik.
- Pilihan jawaban E tidak tepat karena berdasarkan grafik, data tahun 2021 belum sepenuhnya ada sehingga hanya dapat diprediksi. Realisasi investasi dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2020 memang selalu mengalami peningkatan sehingga dapat diprediksi bahwa realisasi investasi tahun 2021 akan mengalami peningkatan, tetapi hal ini belum dapat dipastikan. Oleh karena itu, pernyataan pada pilihan jawaban E mungkin saja benar, tetapi belum tentu paling sesuai berdasarkan grafik.
Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

3. Topik: Kesesuaian Pernyataan
Subtopik: Konsep Kilat Kesesuaian Pernyataan (NEW!)
Perhatikan wacana berikut!
PT Eka Sari Lorena Transport Tbk mencatatkan bahwa keseluruhan nilai beban perusahaan dari layanan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) itu lebih tinggi ketimbang pendapatan pada masa pandemi. PT Weha Transportasi Indonesia Tbk, perusahaan layanan bus pariwisata, mengemukakan terjadinya perubahan pendapatan dari Rp71,9 miliar menjadi Rp70,5 miliar. Perusahaan taksi PT Blue Bird Tbk, pendapatannya rontok 49,4 persen menjadi Rp2,1 triliun pada periode yang sama. Perusahaan taksi lain, PT Express Transindo Utama, berhasil menurunkan nilai kerugian pada 2020 lalu menjadi Rp53,2 miliar dari sebelumnya Rp276,1 miliar.

Pernyataan berikut ini yang tepat untuk dijadikan KESIMPULAN dari wacana tersebut adalah ...
A. Transportasi publik menjadi salah satu sektor usaha yang ikut terdampak pandemi Covid-19.
B. Pendapatan perusahaan bus pariwisata pada tahun pandemi menurun lebih dari 50 persen.
C. Pendapatan perusahaan taksi tidak sebanding dengan beban perusahaan sehingga mengalami kerugian.
D. Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), semua jenis transportasi darat mengalami kerugian.
E. Penurunan kinerja semua perusahaan transportasi antarprovinsi disebabkan karena pelaksanaan pembatasan sosial.
Jawaban : A
Pembahasan :
Untuk mengetahui kesimpulan yang sesuai dengan wacana, dapat diperiksa masing-masing pernyataan pada pilihan jawaban.
  • Pilihan jawaban A tepat. Perhatikan bahwa empat perusahaan yang disebutkan pada wacana tersebut merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi publik. Kemudian, diceritakan bahwa masing-masing perusahaan mengalami kerugian yang ditandai dengan frasa "... beban perusahaan ... lebih tinggi ketimbang pendapatan", "... perubahan pendapatan dari Rp71,9 miliar menjadi Rp70,5 miliar (terjadi penurunan).", "... pendapatannya rontok ...", dan "... berhasil menurunkan nilai kerugian ... (masih merugi)". Selain itu, semua itu terjadi karena pandemi Covid-19 yang melanda negeri.
  • Pilihan jawaban B tidak tepat karena dikatakan perusahaan bus pariwisata, padahal ada perusahaan taksi juga yang pendapatannya juga menurun akibat pandemi. Frasa perusahaan bus pariwisata tidak meliputi frasa transportasi publik pada umumnya.
  • Pilihan jawaban C tidak tepat karena dikatakan perusahaan taksi, padahal ada perusahaan bus juga yang mengalami kerugian akibat pandemi. Frasa perusahaan taksi tidak meliputi frasa transportasi publik pada umumnya.
  • Pilihan jawaban D tidak tepat karena dikatakan semua jenis transportasi darat, padahal ada kereta api yang juga merupakan transportasi darat, tetapi tidak diceritakan apakah mengalami kerugian atau tidak.
  • Pilihan jawaban E tidak tepat karena dikatakan penurunan kinerja semua perusahaan transportasi antarprovinsi, padahal bisa jadi terdapat perusahaan transportasi antarprovinsi yang tidak mengalami penurunan kinerja pada masa pelaksanaan pembatasan sosial.
Dengan demikian, pernyataan yang tepat untuk dijadikan KESIMPULAN berdasarkan wacana pada soal adalah Transportasi publik menjadi salah satu sektor usaha yang paling terdampak pandemi Covid-19.
Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

4. Topik: Kesesuaian Pernyataan
Subtopik: Konsep Kilat Kesesuaian Pernyataan (NEW!)
Perhatikan teks berikut!
Ekspor nonmigas masih mendominasi total ekspor Indonesia, yakni mencapai US$22,84 miliar pada November 2021. Komoditas unggulan dalam ekspor nonmigas salah satunya adalah batu bara. Indonesia merupakan produsen batu bara terbesar ketiga di dunia setelah China dan India.
Produksi batu bara bisa mencapai lebih dari 500 juta ton per tahun. Sementara itu, permintaan domestik masih rendah sehingga sebagian besar batu bara atau sekitar 70 persen batu bara nasional dikirim ke luar negeri. Kementerian ESDM mencatat bahwa realisasi ekspor batu bara Indonesia pada 2020 mencapai 405 juta ton atau melebihi target ekspor (102,5 persen) yang ditetapkan di awal sebesar 395 juta ton. Sepuluh negara tujuan ekspor batu bara meliputi China, India, Filipina, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, Vietnam, Taiwan, Thailand, dan Bangladesh.

Manakah pernyataan berikut ini yang SESUAI dengan teks tersebut?
A. Batu bara adalah komoditas terunggul dalam sektor ekspor nonmigas.
B. Pada November 2021, ekspor komoditas batu bara mencapai US$22,84 miliar.
C. Batu bara merupakan salah satu komoditas ekspor migas yang dikirim ke 10 negara tujuan.
D. Permintaan pasar terhadap komoditas batu bara mendorong kenaikan produksi batu bara pada tahun mendatang.
E. Pada tahun 2020, ekspor batu bara melebihi target yang telah ditetapkan, yaitu sebesar sekitar 2,5% atau 10 juta ton batu bara.
Jawaban : E
Pembahasan :
Pernyataan yang SESUAI dengan teks pada soal adalah Pada tahun 2020, ekspor batu bara melebihi target yang telah ditetapkan, yaitu sebesar sekitar 2,5% atau 10 juta ton batu bara. Hal ini berdasarkan kalimat "Kementerian ESDM mencatat bahwa realisasi ekspor batu bara Indonesia pada 2020 mencapai 405 juta ton atau melebihi target ekspor (102,5 persen) yang ditetapkan di awal sebesar 395 juta ton." Dijelaskan bahwa ekspor batu baru melebihi target yang telah ditetapkan, yaitu 395 juta ton. Besarnya jumlah batu bara (dalam juta ton) yang melebihi dari target dapat dihitung sebagai berikut.
    405 – 395 = 10
Kemudian, persentasenya dapat dihitung sebagai berikut.
     10  x 100% ≈ 2,5%
    395
Dari kalimat dan perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2020, ekspor batu bara melebihi target sebesar 2,5% atau 10 juta ton. Dengan demikian, pernyataan pada pilihan jawaban E sesuai dengan teks.
Selanjutnya, akan dijelaskan kenapa pernyataan yang lain tidak tepat.
  • Pilihan jawaban A tidak tepat berdasarkan kalimat "Ekspor nonmigas masih mendominasi total ekspor Indonesia, yakni mencapai US$22,84 miliar pada November 2021." Dijelaskan bahwa US$22,84 merupakan nilai dari total ekspor komoditas nonmigas, bukan nilai ekspor batu bara. Dengan demikian, pernyataan pada pilihan jawaban A tidak sesuai dengan teks.
  • Pilihan jawaban B tidak tepat berdasarkan kalimat "Komoditas unggulan dalam ekspor nonmigas salah satunya adalah batu bara." Disebutkan bahwa batu bara merupakan salah satu komoditas ekspor nonmigas, bukan komoditas ekspor migas. Dengan demikian, pernyataan pada pilihan jawaban B tidak sesuai dengan teks.
  • Pilihan jawaban C tidak tepat berdasarkan kalimat "... sementara permintaan domestik masih rendah ...." sehingga dapat disimpulkan bahwa permintaan dari dalam negeri atau pasar nasional masih rendah dibandingkan permintaan dari luar negeri atau pasar global. Dengan demikian, pernyataan pada pilihan jawaban C tidak sesuai dengan teks.
  • Pilihan jawaban D tidak tepat karena tidak ada informasi yang berkaitan dengan produksi batu bara pada tahun mendatang sehingga pernyataan pada pilihan jawaban D tidak sesuai dengan teks.
Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

5. Topik: Kesesuaian Pernyataan
Subtopik: Konsep Kilat Kesesuaian Pernyataan (NEW!)
Perhatikan teks berikut!
"Spider-Man: No Way Home" meraup 50 juta dolar AS (sekitar 719 miliar rupiah) di bioskop AS dan Kanada selama pekan penayangan perdananya. Hasil penjualan ini memecahkan rekor selama era pandemi. Analis box office memperkirakan total penerimaan domestik 'No Way Home' hingga akhir pekan mencapai 240 juta dolar AS. Ini sama saja menempatkan film ini di posisi lima besar film debut sepanjang masa.
"Film Spider-Man: No Way Home" menekankan pada dilema Parker setelah difitnah dan identitasnya dibongkar oleh Mysterio yang diperankan oleh Jake Gyllenhaal. Kritikus film menyambut hangat kisah Parker dan kawan-kawan. Terbukti pada Jumat kemarin, 95 persen dari 220 ulasan di Rotten Tomatoes menilai positif "Spider-Man No Way Home".

Pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan teks di atas adalah ...
A. Spider-Man: No Way Home mendapatkan 11 ulasan negatif di Rotten Tomatoes.
B. Film "Spider-Man: No Way Home" adalah film dengan penjualan tertinggi di masa pandemi Covid-19.
C. Penerimaan domestik "Spider-Man: No Way Home" hingga akhir pekan penayangan perdana diperkirakan mencapai 3,6 Triliun.
D. "Spider-Man: No Way Home" menceritakan tentang masalah yang dialami Spider-Man setelah difitnah dan dibongkar identitasnya.
E. Hingga akhir pekan penayangan perdananya, film "Spider-Man No Way Home" masuk dalam sepuluh besar film debut sepanjang masa.
Jawaban : C
Pembahasan :
Pernyataan yang TIDAK SESUAI dengan teks pada soal adalah Penerimaan domestik 'Spiider-Man: No Way Home' hingga akhir pekan penayangan perdana diperkirakan mencapai 3,6 Triliun. Hal ini berdasarkan kalimat, "Spider-Man: No Way Home meraup 50 juta dolar AS (sekitar 719 miliar rupiah) ..." dan "Analis box office memperkirakan total penerimaan domestik 'No Way Home' hingga akhir pekan mencapai 240 juta dolar AS." Perkiraan penerimaan domestik yang didapatkan dapat dihitung dengan cara sebagai berikut.
240 juta dolar AS x 719 miliar rupiah
 50 juta dolar AS
= 4,8 x 719 miliar rupiah
= 3.451,2 miliar rupiah
= 3,4512 triliun rupiah
≈ 3,45 triliun rupiah
Jadi, bukan mencapai 3,6 triliun rupiah, melainkan sekitar 3,45 triliun rupiah.
Selanjutnya, akan dipastikan bahwa pernyataan yang lain sesuai dengan teks pada soal
  • Pernyataan pada pilihan A benar karena pada kalimat terakhir pada teks terdapat informasi, "Terbukti pada Jumat kemarin, 95 persen dari 220 ulasan di Rotten Tomatoes menilai positif Spider-Man No Way Home". Hal tersebut berarti 5% dari 220 ulasan (11 ulasan) bernilai negatif.
  • Pernyataan pada pilihan B benar karena pada teks terdapat informasi, "Hasil penjualan ini memecahkan rekor selama era pandemi" sehingga dapat disimpulkan bahwa Film "Spider-Man: No Way Home" adalah film dengan penjualan tertinggi di masa pandemi Covid-19.
  • Pernyataan pada pilihan D benar karena pada teks terdapat informasi, "Film Spider-Man: No Way Home menekankan pada dilema Parker setelah difitnah dan identitasnya dibongkar oleh Mysterio ...". Informasi tersebut memiliki makna yang sama dengan pernyataan pada pilihan C bahwa Parker merupakan pemeran Spider-Man yang identitasnya dibongkar.
  • Pernyataan pada pilihan E benar karena pada teks terdapat informasi, "Ini sama saja menempatkan film ini di posisi lima besar film debut sepanjang masa". Berada pada posisi lima besar berarti sudah pasti masuk dalam sepuluh besar.
Jadi, jawaban yang tepat adalah C.


Itu dia tadi Contoh soal TPS Penalaran Umum UTBK 2023 lengkap dengan pembahasannya. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url