Contoh Soal TPS UTBK 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis Lengkap Beserta Jawabannya

Contoh soal TPS UTBK 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis lengkap beserta jawabannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Contoh soal TPS UTBK 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis lengkap beserta jawabannya.

Berikut di bawah ini adalah Contoh soal TPS UTBK 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis lengkap beserta jawabannya :
Teks berikut diikuti oleh dua butir pertanyaan. Pertimbangkan apakah kata atau kalimat pada setiap nomor bercetak tebal TIDAK PERLU DIPERBAIKI (A) atau diganti dengan pilihan lain yang tersedia (B, C, D, atau E)

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 16 sampai 20.
Pantai berpasir mengisi lebih dari sepertiga garis tepi di dunia, sebagian besar berada di negara dengan populasi besar. 16Akan tetapi, pekerjaan konstruksi, meningkatnya permukaan air laut, gelombang badai dan angin topan, serta berkurangnya sedimen dari bendungan pantai sangat 17evektif mengikis garis tepi pantai.
Dampak dari hal-hal tersebut adalah ancaman terhadap penghidupan dan infrastruktur di tepi pantai. Untuk mengukur seberapa cepat dan seberapa banyak kemungkinan hilangnya garis pantai. Vousdoukas dan timnya mengamati gambar satelit 18garis pantai selama tiga dekade, yaitu sejak 1984.
Skenario "kasus terburuk" jalur RCP8.5 menduga emisi karbon akan terus berlanjut atau bumi akan mulai meningkatkan konsentrasi gas rumah kaca di 19atmosfir, yang merupakan dampak dari tindakan manusia. Skenario lain yang lebih baik, yaitu RCP4.5, akan membuat manusia membatasi efek pemanasan global sekitar tiga derajat celcius, itu masih jauh dari batas "di bawah dua derajat celcius" yang disebut dalam 20Perjanjian Paris.

16. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. Tetapi
C. Melainkan
D. Oleh karena itu
E. Dengan demikian
Jawaban: A
Pembahasan:
Konjungsi yang tepat untuk menjawab soal nomor 6 adalah konjungsi antarkalimat karena terletak di awal kalimat. Selain itu, konjungsi tersebut harus menyatakan perlawanan. Sebab, kalimat 2 merupakan pernyataan yang berkebalikan dari pernyataan pada kalimat 1. Dengan demikian, konjungsi yang tepat adalah akan tetapi sehingga konjungsi tersebut tidak perlu diperbaiki.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

17. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. efektiv
C. efektif
D. efektive
E. efektif
Jawaban: E
Pembahasan:
Penulisan yang tepat untuk kata pada soal nomor 7 adalah efektif. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata efektif memiliki makna dapat membawa hasil. Kata efektif tidak perlu ditulis dalam huruf cetak miring karena sudah diserap dalam bahasa Indonesia.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

18. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. garis Pantai
C. Garis Pantai
D. “garis pantai”
E. garis berpantai
Jawaban: A
Pembahasan:
Kata garis pantai adalah kata yang tidak menunjukkan nama tempat atau nama geografis. Penulisan nama tempat ditulis dengan huruf awal kapital, seperti Kebun Binatang Ragunan, Balaikota Depok, dll. Selain itu, nama geografis ditulis dengan huruf awal kapital apabila diikuti nama diri, seperti Gunung Krakatau, Pantai Losari, Danau Toba, dll. Dengan demikian, kata garis pantai tidak perlu ditulis dengan awal kapital.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

19. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. atmosfer
C. atmosfir
D. atmosfire
E. lapisan udara
Jawaban: B
Pembahasan:
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penulisan yang baku adalah atmosfer. Kata atmosfer memiliki makna lapisan udara yang menyelubungi bumi sampai ketinggian 300 km (terutama terdiri atas campuran berbagai gas, yaitu nitrogen, oksigen, argon, dan sejumlah kecil gas lain).
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

20. Subtopik: Penalaran Kebahasaan
A. TIDAK PERLU DIPERBAIKI
B. “Perjanjian Paris”
C. Perjanjain paris
D. perjanjain paris
E. perjanjain Paris
Jawaban: A
Pembahasan:
Salah satu kata yang ditulis dengan awal huruf kapital adalah kata yang mengandung peristiwa sejarah, seperti Revolusi Industri, Perang Padri, Perjanjian Meja Bundar, dll
Dengan demikian, penulisan Perjanjian Paris tidak perlu diperbaiki karena merupakan nama peristiwa bersejarah.
Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.


Itu dia tadi Contoh soal TPS UTBK 2023 Kemampuan Memahami Bacaan Dan Menulis lengkap beserta jawabannya. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url