Tentukanlah Rerata Anomali Suhu Udara Rata-Rata Dalam Kurun Waktu Sepuluh Tahun Terakhir. Refleksikanlah Apa Yang Telah Terjadi Di Indonesia Dalam Kurun Waktu Tersebut Hingga Terjadi Anomali Suhu Udara Rata-Rata Didukung Dengan Data-Data Dari Sumber Terpercaya.

Tentukanlah rerata anomali suhu udara rata-rata dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Refleksikanlah apa yang telah terjadi di Indonesia dalam kurun waktu tersebut hingga terjadi anomali suhu udara rata-rata didukung dengan data-data dari sumber terpercaya. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Tentukanlah rerata anomali suhu udara rata-rata dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Refleksikanlah apa yang telah terjadi di Indonesia dalam kurun waktu tersebut hingga terjadi anomali suhu udara rata-rata didukung dengan data-data dari sumber terpercaya.


Jawaban :
Rerata anomali suhu udara rata-rata dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir dapat dihitung sebagai berikut :

Rerata anomali suhu
= [0,5+0,8+0,6+0,3+0,2+0,8+0,1+0,3+0,2+0,3] : 10

Pembahasan :
Anomali suhu udara tahunan merupakan perbandingan suhu udara pada tahun tertentu, relatif terhadap rata - rata periode normal. Berdasarkan data yang diperoleh dari 89 stasiun pengamatan BMKG, normal suhu udara pada periode 1981-2010 di Indonesia yakni sebesar 26.6 °C dan suhu udara rata-rata pada tahun 2021 yaitu sebesar 27.0 °C. Untuk wilayah yang ada di Indonesia secara keseluruhan, tahun 2016 adalah tahun terpanas dengan nilai anomali sebesar 0.8 °C sepanjang periode pengamatan 1981 sampai 2020. Baca juga Berdasarkan hasil pengamatan Kalian tergolong kingdom apakah organisme yang Kalian amati? Mengapa?

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai rerata anomali suhu udara rata-rata dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close