Identifikasi Hal-Hal Yang Tidak Sesuai Dengan Prinsip Kimia Hijau Dan Sarankan Tindakan Yang Merupakan Solusi Yang Mendukung Penerapan Kimia Hijau

Identifikasi hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip kimia hijau dan sarankan tindakan yang merupakan solusi yang mendukung penerapan kimia hijau. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Identifikasi hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip kimia hijau dan sarankan tindakan yang merupakan solusi yang mendukung penerapan kimia hijau.

Jawaban :
Kimia hijau adalah suatu pendekatan terhadap proses, perancangan, serta pemanfaatan berbagai produk kimia sehingga bisa mengurangi bahkan menghilangkan bahaya dan juga dampak buruk dari suatu zat kimia terhadap lingkungan sekitar. Dibawah ini adalah hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip kimia hijau dan saran tindakan yang merupakan solusi yang mendukung penerapan kimia hijau. Baca juga Apakah kalian pernah menemukan bunyi pasal atau ayat dalam perundang-undangan di tingkat nasional atau daerah yang tidak sesuai dengan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945 atau peraturan perundang-undangan di atasnya?

Hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip kimia hijau antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Pembakaran sempurna.
  2. Adanya reaksi dari sabun (detergen) di dalam air.
  3. Pernafasan aerob.
Saran tindakan yang merupakan solusi yang mendukung penerapan kimia hijau antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Mengurangi penggunaan alat-alat yang mempunyai reaksi pembakaran yang bisa menghasilkan karbondioksida dan CO, contohnya yakni kendaraan bermotor.
  2. Tidak membuang limbah rumah tangga (detergen/sabun) ke sungai dan perairan sehingga menyebabkan ledakan alga yang bisa merusak ekosistem.
  3. Menanam reboisasi di lahan yang gundul serta membuat lahan hijau di daerah - daerah perkotaan terutama di pinggir-pinggir jalan.
  4. Memasang penyaring udara di cerobong asap pabrik-pabrik.
Pembahasan :
Manusia mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan tertentu. Oleh karena itu, keduanya mempunyai hubungan yang sangat erat. Manusia harus menjaga lingkungan agar tetap lestari. Salah satunya yakni dengan menerapkan prinsip kimia hijau. Kimia hijau adalah suatu pendekatan terhadap proses, perancangan, serta pemanfaatan berbagai produk kimia sehingga bisa mengurangi bahkan menghilangkan bahaya dan juga dampak buruk dari suatu zat kimia terhadap lingkungan sekitar. Baca juga Sebutkan 1 pasal atau ayat dalam undang-undang yang pernah kalian baca. Tulislah analisis kalian, terkait kesesuaian dengan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945!

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai identifikasi hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip kimia hijau beserta saran tindakan yang merupakan solusi yang mendukung penerapan kimia hijau, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close