Sebutkan 1 Pasal Atau Ayat Dalam Undang-Undang Yang Pernah Kalian Baca. Tulislah Analisis Kalian, Terkait Kesesuaian Dengan Pancasila Dan UUD NRI Tahun 1945!

Sebutkan 1 pasal atau ayat dalam undang-undang yang pernah kalian baca. Tulislah analisis kalian, terkait kesesuaian dengan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Sebutkan 1 pasal atau ayat dalam undang-undang yang pernah kalian baca. Tulislah analisis kalian, terkait kesesuaian dengan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945!

Jawaban :
Contoh pasal atau ayat di dalam undang-undang terkait kesesuaian dengan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945, yakni Pasal 28A hingga Pasal 28J UUD 1945. Baca juga Apa yang kalian lakukan jika menemukan norma perundang-undangan yang bertentangan dengan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, atau perundang-undangan yang ada di atasnya?

Pasal tersebut mempunyai kesesuaian dengan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Prinsip Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia yang menegaskan bahwa kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan bukan kemakmuran orang seorang. Dalam kerangka tersebut, Pemerintah Negara Indonesia memilki kewajiban untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Selanjutnya Prinsip Keadilan Sosial tersebut dituangkan di dalam Pancasila Sila kelima dan UUD 1945 Pasal 28A hingga Pasal 28J.

Pembahasan :
Seluruh peraturan perundang-undangan yang ada di Indonesia harus merujuk kepada Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Tidak boleh mengabaikan apalagi bertentangan. Peraturan perundang-undangan yang ada di bawah UUD NRI Tahun 1945 harus merujuk atau mempunyai cantolan terhadap pasal atau ayat yang ada di dalam UUD NRI Tahun 1945. Baca juga Tulislah tanggapan kalian terkait dengan hubungan antarproduk perundang-undangan yang ada di Indonesia!

Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai analisis terkait kesesuaian dengan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url