Tulislah Persamaan Reaksi Kimia Setara Antara Ion Karbonat (CO₃²⁻ ) Dengan Ion Hidrogen (H⁺) Menghasilkan Air Dan Gas Karbondioksida (CO₂). Ingatlah Bahwa Koefisien Reaksi Kimia Haruslah Sudah Disetarakan Untuk Menghitung: a) Berapa Jumlah Mol CaCO₃? Jika Diketahui Ar Ca=40; Ar C=12; Ar O=16 b) Berapa Ton Kapur Dalam Bentuk Senyawa CaCO₃?


Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPA ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Tulislah persamaan reaksi kimia setara antara ion karbonat (CO₃²⁻ ) dengan ion hidrogen (H⁺) menghasilkan air dan gas karbondioksida (CO₂). Ingatlah bahwa koefisien reaksi kimia haruslah sudah disetarakan untuk menghitung: 
a) Berapa jumlah mol CaCO₃? Jika diketahui Ar Ca=40; Ar C=12; Ar O=16 
b) Berapa ton kapur dalam bentuk senyawa CaCO₃?

Jawaban :
a) Jumlah mol CaCO₃ adalah 1 mol
b) Kapur dalam bentuk senyawa CaCO₃ adalah sebanyak 100 gram = 10⁻⁴ ton

Pembahasan :
Persamaan reaksi kimia setara antara ion karbonat (CO₃²⁻ ) dengan ion hidrogen (H⁺) menghasilkan air dan gas karbondioksida (CO₂) adalah :
CO₃²⁻ + 2H⁺ → CO₂ + H₂O
Perbandingan jumlah mol = perbandingan koefisien reaksi

a) Cara menentukan jumlah mol CaCO₃ :
CO₃²⁻ + 2H⁺ → CO₂ + H₂O
1        :     2    :     1      :      1
Jadi, jumlah mol CaCO₃ = ion CO₃²⁻ = 1 mol

b) Cara menentukan berapa banyak ton kapur dalam bentuk senyawa CaCO₃ :
Mr CaCO₃ = Ar Ca + Ar C + 3(Ar O)
Mr CaCO₃ =40 + 12 + 3(16)
Mr CaCO₃ = 100

Massa CaCO₃ = n x Mr
Massa CaCO₃ = 1 x 100
Massa CaCO₃ = 100 gram
Massa CaCO₃ = 100 x 10⁻⁶ ton
Massa CaCO₃ = 10⁻⁴ ton

Itu dia tadi pembahasan soal Ilmu Pengetahuan Alam mengenai berapa jumlah mol CaCO₃ dan berapa ton kapur dalam bentuk senyawa CaCO₃, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close