Berikan 2 Contoh Yang Menunjukkan Hubungan Antara Pancasila Dan UUD NRI Tahun 1945 Dikaitkan Dengan Kehidupan Peserta Didik Sehari-Hari!

Berikan 2 contoh yang menunjukkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dikaitkan dengan kehidupan peserta didik sehari-hari! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Berikan 2 contoh yang menunjukkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dikaitkan dengan kehidupan peserta didik sehari-hari!

Jawaban :
2 contoh yang menunjukkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dikaitkan dengan kehidupan peserta didik sehari-hari antra lain adalah sebagai berikut : Baca juga Terangkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945!
  • Pasal 29 UUD NRI Tahun 1945 adalah salah satu terjemahan dan juga sekaligus upaya pelaksanaan sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Kaitannya dengan kehidupan peserta didik sehari-hari contohnya yaitu :
    1. Sikap tenggang rasa serta membina kerja sama dengan pemeluk agama dan kepercayaan lain.
    2. Toleransi terhadap pemeluk agama dan kepercayaan lain.
  • Pasal 34 UUD NRI Tahun 1945 sangat erat kaitannya dengan usaha pelaksanaan dari sila “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Kaitannya dengan kehidupan peserta didik sehari-hari contohnya yaitu:
    1. Adanya jaminan kesehatan serta fasilitas pelayanan umum yang layak.
    2. Adanya jaminan sosial.
Pembahasan :
Hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 terdapat pada Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 Alinea 4:

“... maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat ke- bijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.” Baca juga Ceritakan pengalaman melaksanakan norma yang ada di dalam masyarakat sekitar atau di sekolah!

Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai contoh yang menunjukkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dikaitkan dengan kehidupan peserta didik sehari-hari, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close