Terangkan Hubungan Antara Pancasila Dan UUD NRI Tahun 1945!

Terangkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Terangkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945!

Jawaban :
Hubungan antara Pancasila dan UUD 1945 dibingkai di dalam dua konteks, yakni hubungan secara material dan hubungan secara formal. Baca juga Ceritakan pengalaman melaksanakan norma yang ada di dalam masyarakat sekitar atau di sekolah!

Pembahasan :
  • Hubungan secara material
  • Hubungan secara material berarti bahwa semua bagian - bagian (material) dari UUD 1945 harus selaras serta tidak bertentangan dengan Pancasila. Hal ini karena, Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum, dan oleh karena itu esensi dari UUD 1945 memuat dan dijiwai oleh nilai - nilai pancasila.
  • Hubungan secara formal
  • Hubungan secara formal merupakan hubungan dari Pancasila dengan UUD 1945 dari sudut pandang konstitusional atau peraturan yang berlaku, antara lain adalah sebagai berikut :
    1. Pancasila merupakan kaidah dasar bagi negara. Oleh karena pancasila dimuat di pembukaan UUD 1945, maka UUD pun menjadi kaidah dasar negara. Baca juga Apa yang kalian ketahui tentang norma?
    2. Pancasila merupakan inti dari pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dan menjadikan UUD sebagai sumber hukum yang tertinggi dan pancasila sebagai tertib hukum bangsa Indonesia.
Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close