Bagaimana Pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, Dan Ir. Soekarno Terhadap Negara Merdeka? Apa Perbedaannya?

Bagaimana pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka? Apa perbedaannya? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Bagaimana pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka? Apa perbedaannya?

Jawaban :
Pendapat atau pandangan dari Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno semuanya berbeda dan masing masing memiliki pendapatnya sendiri – sendiri. Mohammad Yamin menekankan pada azas dan juga dasar negara, Soepomo menekankan pada integralistik, sedangkan Ir. Soekarno menekankan pada nasionalisme. Baca juga Apakah kehidupan masyarakat di sekitar telah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila?

Pembahasan :
BPUPKI melaksanakan 2 kali persidangan sebagai bentuk upaya untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Pada persidangan yang pertama, membahas mengenai dasar negara Indonesia Merdeka. Tiga tokoh yang menyampaikan ide antara lain yaitu Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno.

Diawali oleh Mohammad Yamin, beliau berpandangan bahwa konsep untuk Indonesia merdeka adalah sebagai berikut :
  1. Peri Kebangsaan.
  2. Peri Kemanusiaan.
  3. Peri Ketuhanan.
  4. Peri Kerakyatan.
  5. Kesejahteraan rakyat.
Kemudian pandangan dari Soepomo, beliau berpandangan bahwa konsep untuk Indonesia merdeka adalah sebagai berikut :
Selanjutnya pandangan dari Ir. Soekarno, beliau berpandangan bahwa konsep untuk Indonesia merdeka adalah sebagai berikut :
  1. Kebangsaan Indonesia atau Nasionalisme.
  2. Peri Kemanusiaan (Internasionalisme).
  3. Mufakat atau demokrasi.
  4. Kesejahteraan Sosial.
  5. Ketuhanan yang Maha Esa.
Dengan demikian, pendapat atau pandangan dari Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno semuanya berbeda dan masing masing memiliki pendapatnya sendiri – sendiri. Mohammad Yamin menekankan pada azas dan juga dasar negara, Soepomo menekankan pada integralistik, sedangkan Ir. Soekarno menekankan pada nasionalisme.

Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai bagaimana pandangan Mohammad Yamin, Soepomo, dan Ir. Soekarno terhadap negara merdeka, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url