Bagaimana Penerapan Pancasila Dalam Konteks Kehidupan Berbangsa? Apakah Sudah Terimplementasi Atau Belum? Jika Sudah, Sebutkan Contohnya. Jika Belum, Sebutkan Hal Yang Menjadi Tantangannya.

Bagaimana penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa? Apakah sudah terimplementasi atau belum? Jika sudah, sebutkan contohnya. Jika belum, sebutkan hal yang menjadi tantangannya. - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalu bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Bagaimana penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa? Apakah sudah terimplementasi atau belum? Jika sudah, sebutkan contohnya. Jika belum, sebutkan hal yang menjadi tantangannya.

Jawaban :
Penerapan nilai - nilai Pancasila sudah terimplementasi dengan baik dalam kehidupan sehari – hari, yakni seperti kebebasan dalam beragama, serta pemilihan umum yang dilaksanakan dalam musyawarah. Sedangkan masih banyak terdapatnya ketidakadilan di masyarakat Indonesia yang menimbulkan konflik serta menjadi tantangan di dalam pembenahan diri untuk berpedoman dalam Pancasila. Baca juga Jelaskan tantangan dari tradisi Sasi pada masa kini? Berikan pula solusi untuk mengatasi tantangan tersebut!

Pembahasan :
Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia yang tercipta atas keputusan bersama. Pancasila diresmikan sebagai dasar Negara pada tanggal 1 Juni tahun 1945, dan oleh karena itu tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahirnya Pancasila. Pada saat ini, nilai - nilai pancasila sudah terimplementasikan dengan baik, hal itu dapat dilihat dengan adanya kebebasan berpendapat, persatuan Indonesia ditengah mejemuknya budaya, serta hak - hak yang diberikan kepada masyarakat Indonesia. Tetapi kendala yang ada di dalam implementasi Pancasila saat ini bisa dilihat dalam pemberlakuan Hukum. Dimana adanya semboyan hukum Indonesia, yakni tajam kebawah tumpul keatas. Hal ini merupakan suatu tantangan bagi bangsa Indonesia. Baca juga Jelaskan manfaat tradisi Sasi bagi kehidupan?

Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai penerapan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url