Berikut Ini Adalah Grafik Dari Fungsi g(x) = √(2x – 3), A. Gambarkan Grafik Dari Invers Fungsi g(x) Dengan Pencerminan Terhadap y = x B. Temukan Persamaan Matematis Untuk Fungsi Invers g¯¹(x). C. Plotlah Dengan Menggunakan Beberapa Titik Fungsi Invers g¯¹ (x). D. Bandingkan Apakah Grafik Yang Diperoleh Sama Dengan Grafik Pada Bagian (A). [Latihan 1.5 Halaman 39 Matematika Kelas 11 Kurikulum Merdeka]


Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Pembahasan Soal Latihan 1.5 Halaman 39 Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka
Soal Nomor 3 :
3. Berikut ini adalah grafik dari fungsi g(x) = √(2x – 3),
a. Gambarkan grafik dari invers fungsi g(x) dengan pencerminan terhadap y = x
b. Temukan persamaan matematis untuk fungsi invers g–1(x).
c. Plotlah dengan menggunakan beberapa titik fungsi invers g–1(x).
d. Bandingkan apakah grafik yang diperoleh sama dengan grafik pada bagian (a).



Jawaban Dan Pembahasan : (soal nomor 3)
3. a. Berikut di bawah ini adalah grafik dari invers fungsi g(x) dengan pencerminan terhadap y = x
b. Menentukan persamaan matematis untuk fungsi invers g–1(x)
    g(x) = √(2x – 3)
Misal g(x) = y, maka
         y = √(2x – 3)
        y² = 2x – 3
  y² + 3 = 2x
         x = y² + 3
                   2
Jadi, g–1(x) = x² + 3 , x ≥ 0
                         2

c. Berikut di bawah ini adalah titik - titik dari fungsi g–1(x), 
Kemudian, dari tabel di atas dapat kita tuliskan titik – titiknya sebagai berikut (0; 1,5), (1, 2), (2; 3,5), (3, 6), dan seterusnya. Setelah kita mengetahui titik - titik tersebut selanjutnya kita bisa membuat plot yang pada akhirnya akan membentuk grafik seperti grafik yang ada pada jawaban soal a.

d. Jika kita membandingkan antara grafik yang diperoleh dari soal c dengan grafik pada bagian (a), maka kita bisa tahu bahwa grafik yang diperoleh adalah sama.


Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai “Berikut ini adalah grafik dari fungsi g(x) = √(2x – 3), a. Gambarkan grafik dari invers fungsi g(x) dengan pencerminan terhadap y = x b. Temukan persamaan matematis untuk fungsi invers g–1(x). c. Plotlah dengan menggunakan beberapa titik fungsi invers g–1(x). d. Bandingkan apakah grafik yang diperoleh sama dengan grafik pada bagian (a)”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url