Adakah Faktor-Faktor Lain Yang Memengaruhi Timbulnya Masalah Tersebut Selain Harga Masker?

Adakah faktor-faktor lain yang memengaruhi timbulnya masalah tersebut selain harga masker? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 5 Halaman 177-178 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
Adakah faktor-faktor lain yang memengaruhi timbulnya masalah tersebut selain harga masker?

Jawaban :
Faktor-faktor lain yang memengaruhi timbulnya masalah tersebut selain harga masker yaitu perkiraan harga masker di masa mendatang dan juga selera konsumen terhadap masker.

Pembahasan :
Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi permintaan, antara lain yakni : tingkat pendapatan, perilaku atau selera dari konsumen, tingkat harga barang itu sendiri, harga barang lain (substitusi) dan pelengkap (komplementer) tren/perubahan mode, perkiraan harga di masa yang akan datang, jumlah penduduk, dan juga perilaku produsen.

Pemerintah menetapkan pandemi Covid-19 dan mewajibkan penggunaan masker. Dengan adanya kewajiban tersebut maka produsen akan menaikkan harga masker karena mereka mengetahui bahwa kewajiban penggunaan masker tersebut akan berlangsung lama. Sementara itu, dengan adanya peningkatan harga masker tersebut di masa mendatang, konsumen pun melakukan pembelian masker secara besar-besaran karena mereka khawatir ke depannya harga masker akan terus meningkat. Fenomena tersebutlah yang disebut dengan panic buying.

Selain peningkatan harga di masa yang akan datang, faktor lain yang mempengaruhi permintaan masker yaitu selera konsumen. Dengan adanya kewajiban penggunaan masker tersebut, lambat laun selera konsumen terhadap masker pun juga akan meningkat. Karena merasa nyaman dengan memakai masker tersebut, maka mereka mulai menggunakan masker sehingga selera mereka terhadap masker pun akan meningkat. Dan pada akhirnya hal tersebut menyebabkan permintaan masker juga turut ikut meningkat.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Adakah faktor-faktor lain yang memengaruhi timbulnya masalah tersebut selain harga masker?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url