Amatilah Lingkungan Sekitar Kalian Dan Identifikasi Satu Contoh Jenis Tanah Yang Terdapat Di Daerah Kalian!

Amatilah lingkungan sekitar kalian dan identifikasi satu contoh jenis tanah yang terdapat di daerah kalian! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 11 Halaman 277 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
Amatilah lingkungan sekitar kalian dan identifikasi satu contoh jenis tanah yang terdapat di daerah kalian!

Jawaban :
Contoh lingkungan yang di amati : Desa Serang
Desa Serang mempunyai luas wilayah keseluruhan yaitu 3.052,94 Ha dan terletak pada ketinggian di antara 800 – 1.300 Mdpl, sehingga Desa Serang tersebut mempunyai wilayah yang tinggi serta topografi yang berbukit – bukit.
Jenis tanah yang terdapat di Desa Serang berjenis regosol, dengan ciri – ciri :
  • Strukturnya berbutir tunggal.
  • Corak tekstur tanah sedang hingga kasar.
  • Kemampuan menyerap airnya tinggi
  • Konsistensi lepas hingga gembur dengan PH 6-7
Pembahasan :
Tanah regosol merupakan salah satu jenis dari tanah vulkanis, tanah vulkanis ini mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi, hal ini karena tanah tersebut memiliki kandungan unsur hara atau mineral yang diperlukan tumbuh-tumbuhan. Jenis tanah ini tersebar di pulau Jawa, Bali, Sumatera, dan Lombok. Tanah vulkanis tersebut biasanya digunakan di daerah - daerah perkebunan dan juga pertanian.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Amatilah lingkungan sekitar kalian dan identifikasi satu contoh jenis tanah yang terdapat di daerah kalian!”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url