Jelaskan Manfaat Dari SIG Berdasarkan Artikel Di Atas?

Jelaskan manfaat dari SIG berdasarkan artikel di atas? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Pembahasan Soal Lembar Aktivitas 7 Halaman 259-260 IPS SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka
Soal :
Jelaskan manfaat dari SIG berdasarkan artikel di atas?

Jawaban :
Manfaat dari SIG berdasarkan artikel di atas antara lain adalah sebagai berikut :
  • Bermanfaat untuk mendukung pengambilan keputusan mengenai rencana penggunaan lahan dan potensi sumber daya alam (SDA).
  • Dapat membantu petani untuk menanam suatu komoditas tanaman yang sesuai dengan lahannya.
  • SIG bisa di gunakan sebagai alat bantu dalam mengkaji unsur-unsur geografis yang ada di permukaan bumi.
  • SIG dapat menggambarkan data spasial.
Pembahasan :
Secara sederhana, SIG bisa dipahami sebagai integrasi teknologi dan data spasial (wilayah) yang menghubungkan berbagai data lain untuk dipetakan, digabungkan, dan juga dianalisis. Melalui SIG, kita bisa mengetahui kondisi suatu wilayah, lokasi, pola, trend, dan juga permodelan. Sebagai sistem, SIG tersebut terdiri atas beberapa komponen yakni perangkat lunak (software), perangkat keras (komputer), orang yang menjalankan, dan aplikasi sehingga bisa menghasilkan data geografis. Data-data tersebut berasal dari citra nonfoto, citra foto, peta, pengamatan, data pendukung lain, dan juga pengukuran lapangan untuk kemudian diolah menjadi sistem informasi geografis.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai “Jelaskan manfaat dari SIG berdasarkan artikel di atas?”, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url