Contoh Latihan Soal Literasi Bahasa Inggris SNBT 2023 Lengkap Dengan Jawabannya

Contoh latihan soal Literasi Bahasa Inggris SNBT 2023 lengkap dengan jawabannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Contoh latihan soal Literasi Bahasa Inggris SNBT 2023 lengkap dengan jawabannya.

Berikut di bawah ini adalah Contoh latihan soal Literasi Bahasa Inggris SNBT 2023 lengkap dengan jawabannya :
The questions number 8–10 are based on the following passage.
Feline chlamydial conjunctivitis is an infection caused by a bacterial organism (called Chlamydophila felis). The most common signs of chlamydia in cats involve the eyes or the upper respiratory tract (nose or throat), and only when infection is not treated does it spread to the lungs. Because chlamydia lives inside cells of the body and is not able to survive for long in the environment, spread of infection relies on direct or close contact with an infected cat. Following infection, the incubation period (the time between infection and development of clinical signs of disease) is between three and ten days.
The bacteria primarily infects the conjunctiva, which are the delicate membranes lining the eyelids and covering the edges of the eyeballs. The infection causes inflammation known as conjunctivitis. In normal cats, the conjunctiva is not readily visible and has a pale, salmon pink color. In cats with conjunctivitis, the conjunctiva becomes swollen and red, making it more visible. The nictitating membrane or third eyelid in the inner corner of the eye may protrude partially across the eye. One or both eyes may be involved.
Affected cats initially develop a watery discharge from the eyes that quickly becomes thicker and is usually a yellow or greenish color. The eyes are uncomfortable and cats often keep the affected eye(s) closed. Many cats remain bright and otherwise appear normal, but some may develop a fever or lose their appetite. After one or two days, sniffles and sneezing may also occur. In kittens, the infection may spread to the lungs and cause fatal pneumonia.

8. What does the text mainly deal with?
A. The process of chlamydia affliction in cats
B. An overview of feline chlamydial conjunctivitis
C. Clinical signs of feline chlamydial conjunctivitis
D. The symptoms of feline chlamydial conjunctivitis
E. Treatments for cats with chlamydia conjunctivitis
Jawaban: B
Pembahasan:
Soal menanyakan topik utama yang dibicarakan dalam teks bacaan. Topik utama suatu teks dapat disimpulkan dari informasi yang disampaikan pada paragraf-paragrafnya.
  • Paragraf pertama menyampaikan definisi dari feline chlamydial conjunctivitis, organ tubuh sasarannya, penularannya, dan masa inkubasinya.
  • Paragraf kedua menyampaikan proses infeksi bakterinya dan akibat-akibat yang ditimbulkannya.
  • Paragraf ketiga menyampaikan gejala-gejala yang terlihat pada kucing yang terkena penyakit tersebut.
Topik utama teks adalah topik yang mencakup semua informasi tersebut dan, dari lima pilihan jawaban yang tersedia, pilihan yang dapat mencakup semua poin informasi di atas adalah adalah an overview of feline chlamydial conjunctivitis sehingga pilihan B tepat.
  • Pilihan A tidak tepat karena topik pada pilihan ini hanya mencakup informasi pada paragraf ketiga saja.
  • Pilihan C dan D tidak tepat karena topik-topik pada kedua pilihan ini hanya mencakup informasi pada paragraf kedua dan sedikit informasi pada paragraf ketiga saja.
  • Pilihan E tidak tepat karena topik pada pilihan ini sama sekali tidak dibicarakan dalam teks.
Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

9. In the second paragraph, the word inflammation most nearly means ....
A. rash
B. bruise
C. scrape
D. swelling
E. soreness
Jawaban: D
Pembahasan:
Soal menanyakan kata yang memiliki makna paling dekat dengan kata inflammation.
Kata inflammation terdapat pada kalimat 2 paragraf 2, yaitu The infection causes inflammation known as conjunctivitis yang memiliki arti 'Infeksi menyebabkan inflammation disebut juga konjungtivitis'. Untuk mengetahui infeksi yang dimaksud, perhatikan kalimat sebelumnya. Pada kalimat tersebut, dijelaskan bahwa infeksi yang disebutkan adalah infeksi konjungtiva oleh bakteri. Kalimat 3 menjelaskan konjungtivitis (infeksi konjungtiva) yang membuat konjungtiva berwarna merah dan menebal. Dengan kata lain, infeksi ini menyebabkan pembengkakan sehingga kata inflammation berarti 'pembengkakan'. Kata yang memiliki makna yang paling mendekati adalah kata swelling (pembengkakan).
Kata rash berarti 'ruam', bruise berarti 'luka memar', scrape berarti 'goresan luka', dan soreness berarti 'rasa sakit'.
Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

10. One of the symptoms of feline chlamydial conjunctivitis is ….
A. eating disorder
B. laboured breathing
C. low body temperature
D. abnormal eye discharge
E. dysfunctional eye membrane
Jawaban: D
Pembahasan:
Soal menanyakan salah satu gejala penyakit feline chlamydial conjunctivitis.
Informasi tersebut dapat ditemukan di paragraf kedua dan terakhir. Kedua paragraf tersebut menjelaskan bahwa kucing yang terkena penyakit ini menunjukan tanda-tanda seperti selaput mata memerah dan bengkak, membran niktitan menonjol, banyak kotoran mata berwarna kuning atau kehijauan yang cepat mengental, demam, kehilangan nafsu makan, bersin, dan pilek.
Di antara lima pilihan yang tersedia, abnormal eye discharge (kotoran mata yang tidak normal) adalah pilihan yang sesuai dengan informasi tersebut. Jadi, pilihan D tepat.
  • Pilihan A (gangguan makan) tidak tepat. Kehilangan nafsu makan tidak sama dengan gangguan makan. Gangguan makan adalah kumpulan berbagai penyakit yang berkaitan dengan perilaku makan yang tidak normal seperti makan berlebih atau memakan sesuatu yang bukan makanan.
  • Pilihan B (sesak nafas) tidak tepat. Tidak ada informasi pada teks yang menyebutkan gejala ini.
  • Pilihan C (suhu tubuh yang rendah) tidak tepat. Paragraf terakhir menyebutkan bahwa salah satu gejalanya adalah demam yang berarti peningkatan suhu tubuh.
  • Pilihan E (disfungsi selaput mata) tidak tepat. Paragraf kedua menjelaskan bahwa konjungtiva (selaput membran) kucing terinfeksi berwarna merah dan bengkak serta membran niktitan (kelopak mata ketiga di sudut dalam mata) dapat menonjol. Namun, tidak ada keterangan yang menyatakan bahwa hal tersebut membuat selaput mata kucing tidak berfungsi.
Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah D.


Itu dia tadi Contoh latihan soal Literasi Bahasa Inggris SNBT 2023 lengkap dengan jawabannya. Semoga contoh latihan soal di atas bisa menjadi salah satu tambahan referensi untuk bahan belajar kalian. Nantikan contoh - contoh latihan soal lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url