Latihan Contoh Soal Literasi Bahasa Inggris UTBK 2023 Lengkap Beserta Jawabannya

Latihan contoh soal Literasi Bahasa Inggris UTBK 2023 lengkap beserta jawabannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Latihan contoh soal Literasi Bahasa Inggris UTBK 2023 lengkap beserta jawabannya.

Berikut di bawah ini adalah Latihan contoh soal Literasi Bahasa Inggris UTBK 2023 lengkap beserta jawabannya :

The questions number 4–7 are based on the following passage.
The United Nations predicts Earth will have to feed another 2.3 billion people by 2050, mostly concentrated in urban centers far from farmland. Conventional agriculture may not be able to meet that demand, but luckily NASA has been working for decades to tackle food production both on Earth and in space. Feeding astronauts during long-term space exploration means stretching resources to grow plants in space—including minimizing water use and energy consumption and eliminating soil.
NASA initially pioneered these techniques on the ground by building the country’s first vertical farm. Inside a decommissioned hypobaric chamber left over from testing the Mercury space capsule, technologists stacked rows of hydroponic trays like bookshelves against the walls. Then systems for lighting, ventilation, and circulating water were added using off-the-shelf parts. Various crops were planted on the stacked trays to test how well they would grow in water and without the benefit of sunlight or open air. This innovative approach to farming created a foundation for the industry of controlled environment agriculture, or CEA.
CEA combines plant science and environmental control to optimize plant growth and maximize efficiency, frequently incorporating vertical growth structures. Technology enables the filtering of contaminants from crop water and delivers precise nutrient balances. Artificial lighting provides only the necessary wavelengths at the right time, intensity, and duration, while environmental controls maintain ideal temperature and humidity. This approach could help feed burgeoning future generations, said Nate Storey, chief science officer at Plenty Unlimited, one of several companies building on NASA’s plant-growth research.

4. It is stated in the passage that …
A. The world will run out of food by 2050 according to the United Nations.
B. NASA has maximized a farming method requiring a little water.
C. NASA is taking over conventional agriculture to address future food demands.
D. To improve plant development, plant science must be integrated with vertical growth structures.
E. NASA's innovative approach pioneered the establishment of a controlled environment agriculture industry.
Jawaban: B
Pembahasan:
Soal tersebut menanyakan pernyataan yang sesuai dengan teks.
  • Pilihan A (Dunia akan kehabisan makanan pada tahun 2050 menurut PBB.) tidak tepat. Pada paragraf pertama kalimat pertama disampaikan bahwa menurut PBB, pada tahun 2050 bumi membutuhkan makanan untuk tambahan 2.3 miliar penduduknya. Hal tersebut bukan berarti kita akan kehabisan makanan pada tahun 2050.
  • Pilihan B (NASA telah memaksimalkan metode bercocok tanam yang membutuhkan sedikit air.) tepat. Pada paragraf pertama kalimat ketiga disebutkan bahwa dalam memberi makan astronot selama eksplorasi ruang angkasa jangka panjang, NASA memaksimalkan sumber daya untuk menumbuhkan tanaman di luar angkasa—termasuk meminimalkan penggunaan air dan konsumsi energi serta menghilangkan tanah.
  • Pilihan C (NASA mengambil alih pertanian konvensional untuk memenuhi permintaan pangan di masa depan.) tidak tepat. Tidak ada informasi pada teks yang menunjukkan bahwa NASA mengambil alih pertanian konvensional. Informasi pada paragraf pertama hanya menyebutkan bahwa NASA selama ini telah melakukan kegiatan pertanian atau agrikultur di luar pertanian konvensional.
  • Pilihan D (Untuk meningkatkan perkembangan tanaman, ilmu tanaman harus diintegrasikan dengan struktur pertumbuhan vertikal.) tidak tepat. Pada kalimat pertama paragraf terakhir disampaikan bahwa ilmu tanaman sering kali digabungkan dengan struktur pertumbuhan vertikal. Hal tersebut tidak menunjukkan bahwa keduanya harus selalu digabungkan.
  • Pilihan E (Pendekatan inovatif NASA memelopori pembentukan industri pertanian lingkungan yang terkendali.) tidak tepat. Kaitan antara langkah inovatif NASA dengan the industry of controlled environment agriculture (CEA) dibahas di paragraf kedua kalimat terakhir. Pada paragraf tersebut, disebutkan bahwa langkah inovatif NASA hanya menciptakan landasan bagi CEA sehingga tidak tepat jika dikatakan bahwa langkah tersebut merupakan cikal bakal didirikannya CEA.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

5. Regarding the role of NASA in producing food, we know that …
A. The more farming techniques NASA uses, the less energy it requires.
B. The greater the space exploration is carried out, the more number of astronauts that must be fed.
C. The more people requiring food, the more maximum NASA's agricultural technology will be.
D. The longer the space expedition is, the more NASA optimizes its farming resources.
E. The more maximum NASA farming technology becomes, the less traditional farming will be required.
Jawaban: D
Pembahasan:
Informasi mengenai peranan NASA dalam memproduksi makanan terdapat paragraf pertama. Pada kalimat kedua disampaikan bahwa NASA selama ini telah melakukan kegiatan pertanian untuk memenuhi pasokan makanan baik di bumi dan luar angkasa. Pada kalimat ketiga disampaikan bahwa eksplorasi ruang angkasa yang panjang telah mendorong NASA untuk memaksimalkan sistem pertanian mereka demi menyediakan makanan bagi para astronot. Dengan demikian, pernyataan yang tepat adalah The longer the space expedition is, the more NASA optimizes its farming resources. (Semakin lama ekspedisi luar angkasa yang dilakukan, semakin NASA memaksimalkan sumber daya pertanian mereka).
  • Pilihan A tidak tepat. Pada kalimat terakhir paragraf pertama disampaikan bahwa konsumsi energi yang minim merupakan bagian dari teknik pertanian NASA, bukan dampak dari semakin banyaknya teknik yang digunakan.
  • Pilihan B tidak tepat karena pada teks tidak terdapat informasi mengenai eksplorasi besar ruang angkasa. Informasi yang disampaikan adalah eksplorasi ruang angkasa jangka panjang (kalimat terakhir paragraf pertama). Selain itu, tidak disebutkan juga jumlah astronot yang diperlukan.
  • Pilihan C tidak tepat. Pada kalimat akhir paragraf pertama disampaikan bahwa pemaksimalan teknologi pertanian NASA tidak disebabkan karena kebutuhan pangan yang meningkat. Perjalanan ruang angkasa yang panjanglah yang menyebabkannya.
  • Pilihan E tidak tepat. Pada kalimat kedua paragraf pertama hanya menyampaikan bahwa kebutuhan pangan kemungkinan tidak dapat dipenuhi oleh pertanian konvensional, dan beruntung NASA selama ini telah memaksimalkan sistem pertanian mereka. Informasi tersebut tidak menunjukkan bahwa kita tidak butuh pertanian konvensional setelah adanya sistem pertanian milik NASA.
Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

6. From the first paragraph, it can be predicted that …
A. NASA will be more concerned with food production in space than with food production on Earth.
B. The United Nations estimates that Earth will have to feed billions of people for a decade.
C. The most crucial aspect of long-term space exploration will be astronaut nutrition.
D. Conventional agriculture will succeed in feeding astronauts if it is combined with NASA's techniques.
E. In the future, there will not be enough land for conventional agriculture.
Jawaban: E
Pembahasan:
Soal tersebut menanyakan prediksi yang tepat berdasarkan informasi pada paragraf pertama.
  • Pilihan A (NASA akan lebih memfokuskan produksi makanan di luar angkasa daripada produksi makanan di Bumi) tidak tepat. Kalimat kedua paragraf pertama menyampaikan bahwa NASA telah bekerja selama beberapa dekade untuk menangani produksi makanan baik di Bumi maupun di luar angkasa.
  • Pilihan B (PBB memperkirakan bahwa Bumi harus menyediakan pangan untuk miliaran orang selama satu dekade) tidak tepat. Paragraf pertama hanya menyebutkan bahwa Bumi harus menyediakan pangan untuk miliaran orang pada tahun 2050. Tidak ada pernyataan yang mendasari prediksi bahwa pemberian pangan tersebut akan berlangsung selama satu dekade.
  • Pilihan C (Nutrisi astronot akan menjadi aspek terpenting dari eksplorasi ruang angkasa jangka panjang) tidak tepat. Kalimat terakhir paragraf pertama memang menunjukkan bahwa pemaksimalan sistem pertanian NASA dilakukan dalam rangka memberi makan astronot dalam eksplorasi jangka panjang luar angkasa, tetapi tidak dapat diprediksi bahwa pangan astronot akan menjadi hal terpenting dalam eksplorasi tersebut.
  • Pilihan D (Pertanian konvensional akan berhasil menyediakan pangan untuk astronot jika dikombinasikan dengan teknik NASA) tidak tepat. Pada paragraf pertama tidak terdapat informasi bahwa pertanian konvensional ditujukan untuk menyediakan pangan astronot, dan tidak disebutkan juga tentang penggabungan metode pertanian konvensional dengan metode pertanian NASA.
  • Pilihan E (Di masa depan, tidak akan ada cukup lahan untuk pertanian konvensional.) tepat. Pada kalimat kedua paragraf pertama disampaikan tentang kemungkinan pertanian konvensional yang tidak dapat memenuhi kebutuhan pangan pada tahun 2050, dan beruntung NASA telah mengembangkan metode lain, di antaranya adalah tidak memerlukan tanah. Dengan demikian, dapat diprediksi bahwa keterbatasan lahan akan membuat pertanian konvensional tidak dapat memenuhi kebutuhan pangan pada tahun 2050.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

7. How is the second paragraph related to the first paragraph?
A. Paragraph 2 exemplifies kinds of agricultural progress discussed in paragraph 1.
B. The vertical farm described in paragraph 1 is explained in detail in paragraph 2.
C. The second paragraph expands on the first paragraph's discussion of NASA's agricultural method.
D. The second paragraph explains further the issues raised in the first paragraph regarding food demands in 2050.
E. The success of the NASA farming practices mentioned in the first paragraph is reiterated in the second paragraph.
Jawaban: C
Pembahasan:
Soal tersebut menanyakan hubungan antara paragraf 2 dan paragraf 1.
  • Paragraf 1 menyampaikan tentang kebutuhan pangan dunia tahun 2050 yang kemungkinan tidak dapat dipenuhi oleh sistem pertanian biasa. Beruntung NASA telah mengembangkan metode pertanian lain yang tidak sanggup dipenuhi oleh pertanian konvensional seperti meminimalisir penggunaan air.
  • Paragraf 2 menjelaskan lebih jauh mengenai metode pertanian tersebut, yang dinamakan vertical farm.
Dengan demikian, kaitan antara paragraf 1 dan paragraf 2 adalah paragraf kedua memperluas pembahasan paragraf pertama tentang metode pertanian NASA sehingga pilihan C tepat.
  • Pilihan A tidak tepat. Paragraf 2 tidak memberikan contoh kemajuan pertanian NASA.
  • Pilihan B tidak tepat. Paragraf 1 tidak membahas tentang vertical farm.
  • Pilihan D tidak tepat. Paragraf 2 tidak membahas lebih jauh tentang masalah-masalah kebutuhan pangan di tahun 2050.
  • Pilihan E tidak tepat. Paragraf 2 tidak hanya membahas kembali, melainkan menjabarkan metode pertanian NASA.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.


Itu dia tadi Latihan contoh soal Literasi Bahasa Inggris UTBK 2023 lengkap beserta jawabannya. Semoga contoh latihan soal di atas bisa menjadi salah satu tambahan referensi untuk bahan belajar kalian. Nantikan contoh - contoh latihan soal lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url