Simak! Perbedaan SNBP Dan SNBT, Calon Mahasiswa Harus Tahu

Simak! perbedaan SNBP dan SNBT, calon mahasiswa harus tahu - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan informasi terkait dengan perbedaan SNBP dan SNBT yang harus diketahui oleh calon mahasiswa.
Perbedaan SNBP Dan SNBT :
• SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi)
SNBP merupakan proses seleksi berdasarkan nilai rapor, portofolio dan juga prestasi lainnya. Terdapat beberapa persyaratan agar dapat menjadi peserta SNBP 2023.

Persyaratan Peserta SNBP 2023 :
Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2023 yang mempunyai prestasi unggul :
  1. Mempunyai prestasi akademik dan juga memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.
  2. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS.
  3. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS.
  4. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.

• SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes)
SNBT merupakan singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. UTBK-SNBT 2023 bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Keikutsertaan dalam UTBK ini adalah syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri).

Materi UTBK-SNBT 2023 :
1. Tes Potensi Skolastik (TPS)
TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS ini yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan juga Penguasaaan Matematika Dasar.

2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, serta merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan juga mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar bisa berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

3. Penalaran Matematika
Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan juga alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan juga warga dunia.

Itu dia tadi informasi terkait dengan perbedaan SNBP dan SNBT yang harus diketahui oleh calon mahasiswa. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url