Latihan Soal UTBK-SNBT 2023 Literasi Bahasa Inggris Lengkap Beserta Pembahasannya

Latihan soal UTBK-SNBT 2023 Literasi Bahasa Inggris lengkap beserta pembahasannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Latihan soal UTBK-SNBT 2023 Literasi Bahasa Inggris lengkap beserta pembahasannya.

Berikut di bawah ini adalah Latihan Soal UTBK-SNBT 2023 Literasi Bahasa Inggris Lengkap Beserta Pembahasannya :

The questions number 17–20 are based on the following passage.
The holiday shopping season is underway, and the National Intellectual Property Rights Coordination Center (IPR Center) is launching a new holiday shopping toolkit to help consumers protect themselves from substandard or even hazardous counterfeit products. The holiday shopping toolkit includes online shopping do’s and don’ts, ways to protect financial and banking information, educational videos and infographics, and general information on how to spot fake merchandise. IPR Center partners Homeland Security Investigations, Customs and Border Protection (CBP), Federal Bureau of Investigations (FBI) and The Toy Association are teaming up to ensure consumers can make educated decisions when searching for the best deals this season.
What’s the risk of buying counterfeit products? Counterfeit electronics can overheat and explode, bicycle helmets can break upon impact, phony cosmetics and health care products can be made with dangerous or unsanitary ingredients that should not be applied to the skin, and seasonal items for the home, like holiday lights, can be poorly wired and ignite fires. Counterfeit goods not only cheat the consumer with substandard and potentially hazardous products, but the websites used can also put shoppers at risk of having their personal and financial data stolen for other nefarious purposes. Online shopping is particularly vulnerable to scams that trick the user into buying counterfeit and pirated goods.
The IPR Center, working collaboratively with its 27 public and private sector partners, stands at the forefront of the United States government's response to combatting global intellectual property theft and enforcing intellectual properties rights violations. The IPR Center was established to combat global intellectual property theft and, accordingly, has a significant role policing the sale and distribution of counterfeit goods on websites, social media, and the dark web. These efforts protect U.S. industry, the U.S. consumer, and the safety of the American public from the adverse economic impact and health dangers posed from introducing counterfeit products into U.S. commerce.

17. Topik: Reading Comprehension for UTBK
Subtopik: Konsep Kilat General Information (NEW!)
The purpose of the passage is to ....
A. warn the readers how vulnerable online shopping can be for them
B. raise awareness of the dangers of fake goods that harm consumers
C. let the public know the IPR's latest effort to combat counterfeit goods
D. inform the problems that can result from purchasing counterfeit products
E. explain why counterfeit products are risky and should be avoided by the IPR
Jawaban: C
Pembahasan:
Soal menanyakan tujuan penulisan teks.
Paragraf pertama membahas tentang upaya IPR Center untuk melindungi para pembeli dari barang palsu dengan mengeluarkan holiday shopping toolkit yang terbaru.
Paragraf kedua membahas berbagai risiko menggunakan barang-barang palsu.
Paragraf ketiga membahas fungsi IPR, yaitu memerangi pencurian kekayaan intelektual global dan menegakkan pelanggaran hak kekayaan intelektual, yang secara otomatis juga membuat IPR melakukan pengawasan terhadap peredaran barang tiruan.
Secara umum, teks membahas tentang upaya terkini dari IPR (perilisan the holiday shopping toolkit terbaru) untuk memerangi barang palsu. Dengan demikian, tujuan dari penulisan teks adalah untuk memberitahu masyarakat tentang upaya IPR dalam memerangi barang palsu sehingga pilihan C tepat.
  • Pilihan A tidak tepat karena teksnya tidak memperingatkan pembaca tentang belanja online, melainkan tentang barang tiruan.
  • Pilihan B dan D karena informasi mengenai dampak membeli barang tiruan hanya dibahas pada paragraf kedua.
  • Pilihan E tidak tepat karena tidak disebutkan bahwa IPR harus menghindari barang palsu. Adapun IPR adalah lembaga yang membantu melindungi konsumen dari membeli barang palsu.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

18. Topik: Reading Comprehension for UTBK
Subtopik: Konsep Kilat Specific Information (NEW!)
The word nefarious in paragraph 2 is closest in meaning to ....
A. evil
B. virtuous
C. irritating
D. damaging
E. troublesome
Jawaban: A
Pembahasan:
Soal menanyakan kata yang bermakna sama dengan nefarious.
Evil berarti 'jahat'; virtuous berarti 'berbudi luhur'; irritating berarti 'mengganggu'; damaging berarti 'yang menyebabkan kerusakan'; troublesome berarti 'menyusahkan'.
Pada teks, kata nefarious terdapat dalam kalimat yang memiliki arti 'Barang tiruan tidak hanya menipu konsumen dengan produk di bawah standar dan berpotensi berbahaya, tetapi situs belanja online yang digunakan juga dapat mencuri data pribadi dan keuangan konsumen untuk tujuan nefarious lainnya.'.
Pada kalimat tersebut, disampaikan beberapa tindakan jahat seperti pencurian data pribadi dan keuangan. Dengan demikian, berdasarkan konteks kalimatnya, dapat diketahui bahwa sinonim dari nefarious yang tepat adalah evil.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

19. Topik: Reading Comprehension for UTBK
Subtopik: Konsep Kilat Implied Information (NEW!)
With ideas in paragraph 3, it can be predicted that …
A. The number of people addicted to counterfeit goods will dwindle.
B. Americans will be able to shop wisely on online shopping platforms.
C. The perpetrators of buying and selling fake products will be arrested.
D. More people would place a higher value on intellectual property.
E. Counterfeit items will be less widely distributed in the USA.
Jawaban: E
Pembahasan:
Soal menanyakan prediksi penulis berdasarkan paragraf ketiga.
Paragraf ketiga membahas upaya IPR Center dan 27 mitra sektor publik dan swasta dalam memerangi pencurian kekayaan intelektual yang dapat membantu pemantauan terhadap penjualan barang tiruan di dunia maya.
Berdasarkan informasi tersebut, prediksi penulis yang paling tepat adalah E, Counterfeit items will be less widely distributed in the USA (peredaran barang tiruan di Amerika serikat akan berkurang). Prediksi ini tepat karena berkurangnya peredaran barang tiruan di Amerika Serikat dapat terjadi akibat ketatnya pemantauan penjualan barang palsu di negara tersebut.
  • Pilihan A (Jumlah pecandu barang tiruan akan berkurang.) dan C (Pelaku jual beli produk palsu akan ditangkap.) tidak tepat karena sasaran dari IPR dan rekan-rekan adalah para penjual, bukan pecandu barang tiruan (pembeli).
  • Pilihan B (Orang Amerika akan dapat berbelanja dengan bijaksana di platform belanja online.) tidak tepat. Tujuan dari tindakan yang dilakukan IPR dan rekan-rekan adalah agar warga Amerika Serikat dapat berbelanja dengan aman, bukan berbelanja dengan bijaksana.
  • Pilihan D (Lebih banyak orang akan lebih menjunjung tinggi kekayaan intelektual.) tidak tepat. Frasa 'lebih banyak orang' terlalu luas karena operasi yang dilaksanakan IPR dan rekan-rekan hanya menyasar para penjual barang tiruan. Dengan kata lain, pihak yang diminta untuk menghargai kekayaan intelektual adalah para pedagang barang tiruan, bukan semua orang.
Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

20. Topik: Reading Comprehension for UTBK
Subtopik: Konsep Kilat General Information (NEW!)
The ideas in the passage may be best summarized that …
A. The IPR Center publishes a new holiday shopping kit in the US.
B. The IPR Center prevents counterfeit goods from entering the United States.
C. The IPR's new holiday shopping kit campaign seeks to encourage American to actively combat counterfeit items.
D. The IPR Center released a new holiday shopping toolkit intended to protect Americans from purchasing counterfeit goods.
E. A new holiday shopping kit has been released in the USA by the IPR Center to fight global intellectual property theft.
Jawaban: D
Pembahasan:
Soal menanyakan rangkuman yang tepat dari teks. Rangkuman yang baik harus memuat gagasan utama dari setiap paragraf.
Paragraf pertama membahas tentang peluncuran holiday shopping kit terbaru oleh IPR Center yang bertujuan melindungi konsumen dari barang-barang palsu ketika berbelanja secara online.
Paragraf kedua membahas berbagai risiko menggunakan barang-barang palsu.
Paragraf ketiga membahas fungsi IPR, yaitu memerangi pencurian kekayaan intelektual global dan menegakkan pelanggaran hak kekayaan intelektual, yang secara otomatis membuat IPR melakukan pengawasan terhadap peredaran barang tiruan juga.
Berdasarkan isi dari tiap paragraf, teks tersebut dapat dirangkum menjadi 'IPR, yang bertujuan untuk memerangi pencurian kekayaan intelektual global dan menegakkan pelanggaran hak kekayaan intelektual, merilis perangkat belanja liburan baru yang dimaksudkan untuk melindungi orang Amerika dari membeli barang palsu yang dapat membahayakan keuangan dan kesehatan mereka.'. Rangkuman ini memuat semua gagasan utama yang ada di tiap paragraf. Jadi, pilihan D tepat.
  • Pilihan A tidak tepat karena tidak membahas tujuan dari peluncuran holiday shopping kit tersebut.
  • Pilihan B tidak tepat karena tidak membahas tentang peluncuran holiday shopping kit.
  • Pilihan C tidak tepat karena tujuan dari peluncuran holiday shopping kit terbaru adalah untuk melindungi konsumen, bukan mengajak mereka berperan aktif dalam memerangi peredaran barang tiruan.
  • Pilihan E tidak tepat karena tujuan dari peluncuran holiday shopping kit terbaru adalah untuk melindungi konsumen, bukan untuk memerangi pelanggaran hak kekayaan intelektual.
Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.


Itu dia tadi Latihan soal UTBK-SNBT 2023 Literasi Bahasa Inggris lengkap beserta pembahasannya. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url