Latihan Soal UTBK 2023 Literasi Bahasa Inggris Lengkap Dengan Pembahasannya

Latihan soal UTBK 2023 Literasi Bahasa Inggris lengkap dengan pembahasannya - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh teman - teman semua. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id. Pada artikel kali ini, gua akan membagikan Latihan soal UTBK 2023 Literasi Bahasa Inggris lengkap dengan pembahasannya.

Berikut di bawah ini adalah Latihan Soal UTBK 2023 Literasi Bahasa Inggris Lengkap Dengan Pembahasannya :

The questions number 11–13 are based on the following passage.
Loneliness and social isolation in older adults are serious public health risks affecting a significant number of people in the United States and putting them at risk for dementia and other serious medical conditions. A report from the National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine (NASEM) points out that more than one-third of adults aged 45 and older feel lonely, and nearly one-fourth of adults aged 65 and older are considered to be socially isolated. Older adults are at increased risk for loneliness and social isolation because they are more likely to face factors such as living alone, the loss of family or friends, chronic illness, and hearing loss.
Although it’s hard to measure social isolation and loneliness precisely, there is strong evidence that many adults aged 50 and older are socially isolated or lonely in ways that put their health at risk. Recent studies found that social isolation significantly increased a person’s risk of premature death from all causes, a risk that may rival those of smoking, obesity, and physical inactivity. Poor social relationships (characterized by social isolation or loneliness) was also associated with a 29% increased risk of heart disease. Loneliness among heart failure patients was associated with a nearly 4 times increased risk of death, 68% increased risk of hospitalization, and 57% increased risk of emergency department visits.

11. Topik: Reading Comprehension for UTBK
Subtopik: Konsep Kilat General Information (NEW!)
The writer's intention in writing the passage is to ....
A. disseminate the information about the impacts loneliness and social isolation in the elderly
B. encourage people to be more concerned about the elderly who are lonely and socially isolated
C. prove that the elderly experiencing loneliness and social isolation actually exist in the United States
D. convey the pain and sadness experienced by lonely and socially isolated elderly based on research
E. tell about the loneliness and unhappiness felt by the elderly who are socially isolated, as well as research findings
Jawaban: A
Pembahasan:
Soal menanyakan tujuan si penulis menulis teks.
Paragraf pertama menyampaikan bahwa kesepian dan isolasi sosial pada lansia adalah risiko kesehatan masyarakat yang serius yang memengaruhi sejumlah besar orang di Amerika Serikat. Paragraf kedua menyampaikan hasil penelitian tentang dampak kesepian dan isolasi sosial yang dialami oleh para lansia.
Secara umum, teksnya membahas dampak buruk dari rasa kesepian dan isolasi sosial bagi mereka yang berusia tua. Dengan demikian, tujuan teks tersebut adalah menyebarluaskan informasi tentang dampak rasa kesepian dan isolasi sosial pada lansia sehingga pilihan A tepat.
  • Pilihan B tidak tepat karena tidak ada ajakan dari si penulis kepada para pembacanya untuk lebih memperhatikan para lansia yang mengalami kesepian dan isolasi sosial.
  • Pilihan C tidak tepat karena jika isi teksnya untuk membuktikan keberadaan para lansia tersebut, seharusnya ada pernyataan di teks yang menyampaikan bahwa tidak ada lansia kesepian di US.
  • Pilihan D tidak tepat karena teksnya tidak membahas kepedihan dan kesedihan yang dialami para lansia yang mengalami kesepian dan isolasi sosial.
  • Pilihan E tidak tepat karena teksnya menyampaikan kesepian dan isolasi sosial, bukan rasa kesepian akibat isolasi sosial yang dialami oleh para lansia.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

12. Topik: Reading Comprehension for UTBK
Subtopik: Konsep Kilat Implied Information (NEW!)
To whom is the text likely addressed?
A. Families staying with elderly
B. People living around elderly
C. Pensioners who have just left their jobs
D. Senior citizens living alone in the suburbs
E. Employers having old workers in their companies
Jawaban: B
Pembahasan:
Soal menanyakan sasaran pembaca teks.
Secara umum, teks bacaan membahas tentang rasa kesepian dan isolasi sosial yang dialami para lansia yang berdampak buruk pada kesehatan mereka. Dengan demikian, sasaran teks ini adalah mereka yang tinggal di sekitar lansia agar mereka memperhatikan kondisi para lansia tersebut. Jadi, pilihan B tepat.
  • Pilihan A tidak tepat. Keluarga yang tinggal dengan lansia tahu persis kondisi lansia di rumah mereka karena mereka setiap hari berinteraksi dan merawat para lansia ini. Para lansia pun tidak akan merasa kesepian karenanya. Dengan demikian, keluarga-keluarga tersebut bukanlah sasaran dari artikel ini.
  • Pilihan C dan D tidak tepat. Para lansia bukan sasaran dari artikel ini karena merekalah yang merasakan kesepian. Artikel ini harusnya dibaca oleh mereka yang dapat membantu para lansia ini.
  • Pilihan E tidak tepat. Hubungan antara atasan dan karyawan bersifat profesional. Tidak masuk akal jika atasan memerhatikan keseharian karyawannya di luar kantor.
Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

13. Topik: Reading Comprehension for UTBK
Subtopik: Konsep Kilat Implied Information (NEW!)
From the last paragraph, we can infer that …
A. Those who experience loneliness may develop heart disease.
B. Feeling lonely aggravates the heart condition of the elderly.
C. Heart disease is the worst ailment that a lonely older person will suffer from.
D. The older people get, the more lonely they will feel.
E. Loneliness and social isolation that people experience makes them unable to survive.
Jawaban: B
Pembahasan:
Soal menanyakan kesimpulan tersirat yang dapat diambil berdasarkan informasi pada teks.
  • Pilihan A tidak tepat karena bukan kesimpulan, melainkan fakta pada teks. Pada kalimat ketiga disampaikan bahwa hubungan sosial yang buruk (ditandai dengan isolasi sosial atau kesepian) ada kaitannya dengan peningkatan risiko penyakit jantung sebesar 29%.
  • Pilihan B tepat. Berdasarkan kalimat ketiga dan keempat, dapat diambil kesimpulan bahwa rasa kesepian akan memperburuk kondisi jantung lansia.
  • Pilihan C tidak tepat karena tidak cukup informasi pada kalimat ketiga dan keempat paragraf terakhir yang dapat mendukung kesimpulan ini. Kesimpulan ini tepat jika terdapat informasi bahwa sebagian besar lansia tersebut mengalami penyakit jantung.
  • Pilihan D tidak tepat karena kesimpulannya menunjukkan bahwa setiap orang yang bertambah tua pasti akan mengalami kesepian. Pada kalimat pertama disampaikan bahwa kesepian dialami oleh banyak orang dengan usia 50 tahun ke atas. Kata many (banyak) menunjukkan bahwa hanya sebagian saja, bukan semua orang akan mengalami kesepian ketika mereka bertambah tua.
  • Pilihan E tidak tepat karena tidak ada informasi tentang angka kematian yang disebabkan oleh rasa kesepian sehingga tidak dapat disimpulkan bahwa kesepian dan isolasi sosial akan membuat orang tidak dapat bertahan hidup. Informasi yang disampaikan hanya risiko kematian yang meningkat.
Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

The questions number 14–16 are based on the following passage.
Those in the retail industry that are successful in digitally transforming will be ones that leverage technology to innovate around an immersive and disruptive customer experience. These “lighthouse” retailers are the ones driving innovation, adopting emerging technologies early, and showing the industry what works and is possible. They are the ones experimenting with new models and store formats, playing with recombinations/reconfigurations of scale, assets, product, place, and people. The “store of the future” is the keystone of this effort.
The store of the future will combine multiple formats to deliver an immersive and unique experience across all customer touchpoints online and in the store. It will be heavily instrumented for operational efficiency and digitally connected end-to-end to leverage a single view of customer, product, and order. The store of the future – despite its reliance on sophisticated technology and infrastructure – will be trying to look smaller and less intimidating, more personalized, and frictionless.
The deployment of these and other digital technologies in disruptive ways can turn visitors into shoppers and shoppers into brand-loyal customers. However, understanding which consumers want personalization and which want contextualized and relevant experiences, while protecting everyone’s privacy, has grown more difficult. With so much at stake, data privacy has become a challenge for every party involved.

14. Topik: Reading Comprehension for UTBK
Subtopik: Konsep Kilat Implied Information (NEW!)
Who needs to see the passage?
A. Online customer
B. Businessperson
C. Manufacturer
D. Importer
E. Distributor
Jawaban: B
Pembahasan:
Soal tersebut menanyakan sasaran pembaca yang tepat untuk teks ini. Untuk mengetahuinya, perlu dipahami ide pokok dari teks terlebih dahulu.
- Pada paragraf 1, penulis mendeskripsikan kualitas retailer yang sukses melakukan transformasi digital.
- Pada paragraf 2, penulis menggambarkan format toko di masa depan.
- Pada paragraf 3, penulis menjelaskan dampak negatif dari penggunaan teknologi bagi pelanggan, yaitu terkait dengan keamanan data mereka.
Oleh karena itu, yang paling mungkin menjadi sasaran teks adalah orang yang berwenang atau yang dapat membuat kebijakan untuk mengubah format ritel menjadi digital dan mempelajari langkah-langkah yang harus diterapkan supaya sukses dalam transformasinya. Dari opsi jawaban, sasaran pembaca yang paling tepat adalah businessperson, yaitu orang yang bekerja di bidang bisnis, terutama orang yang memiliki posisi penting di perusahaan. Dengan demikian, pilihan B tepat.
  • Pilihan A tidak tepat. Online customer artinya pelanggan online. Sebagai pihak yang membeli produk atau jasa, pelanggan tidak berperan secara mendasar dalam proses transformasi ritel ke digital.
  • Pilihan C tidak tepat. Manufacturer adalah pengusaha pabrik. Pabrik adalah perusahaan yang memproduksi barang, berbeda dengan industri ritel yang fokus pada penjualan barang sehingga pengusaha pabrik bukan sasaran pembaca yang sesuai.
  • Pilihan D tidak tepat. Importer adalah pihak yang melakukan kegiatan impor atau membeli barang dari negara lain. Pihak tersebut tidak memiliki peran dan wewenang khusus dalam mengubah format retailer.
  • Pilihan E tidak tepat. Distributor adalah pihak yang menyalurkan barang kepada toko-toko atau perusahaan. Distributor hanya menyediakan pasokan barang sehingga tidak berperan dalam transformasi ritel ke digital.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

15. Topik: Reading Comprehension for UTBK
Subtopik: Konsep Kilat Specific Information (NEW!)
Which of the following statements is correct?
A. Customers demanded stores with cutting-edge infrastructure to be user-friendly.
B. The more advanced the technology is, the more successful the retailers will be.
C. Each customer will receive a better and more unique experience in online shopping.
D. Providing a one-of-a-kind shopping experience will require a combination of formats.
E. Stores of the future are trying to achieve the ultimate goal that is to attract more visitors.
Jawaban: D
Pembahasan:
Soal menanyakan pernyataan yang tepat berdasarkan teks.
  • Pilihan A tidak tepat. Informasi tentang toko yang menggunakan infrastruktur mutakhir ada di paragraf dua kalimat tiga. Disebutkan bahwa meskipun bergantung dengan teknologi dan infrastruktur yang canggih, toko-toko ini akan berusaha untuk bisa digunakan dengan lebih mudah (oleh pelanggan), merujuk pada kata less intimidating dan frictionless. Namun, tidak ada informasi bahwa hal ini adalah tuntutan dari pelanggan.
  • Pilihan B tidak tepat. Kesuksesan perusahaan ritel disebutkan di paragraf satu kalimat satu. Disampaikan bahwa mereka yang sukses adalah yang memanfaatkan teknologi untuk berinovasi. Kemutakhiran dari teknologi itu sendiri tidak menentukan kesuksesan mereka, melainkan pemanfaatannya.
  • Pilihan C tidak tepat. Memberikan pengalaman berbelanja yang unik disampaikan di paragraf dua kalimat satu. Tertulis bahwa pengalaman berbelanja tersebut ditujukan pada semua titik, tidak hanya di toko online namun juga di toko offline.
  • Pilihan D tepat. Informasi ini juga terdapat di paragraf dua kalimat satu. Disebutkan bahwa toko di masa depan memang akan menggabungkan berbagai format untuk memberikan pengalaman berbelanja yang berbeda. Dengan demikian, pernyataan informasi ini sesuai.
  • Pilihan E tidak tepat. Informasi yang berhubungan dengan pengunjung ada di paragraf tiga kalimat satu. Disampaikan bahwa pebisnis ritel mengerti bahwa penerapan teknologi ini bisa mengubah pengunjung menjadi pembeli, pembeli menjadi pelanggan setia. Tidak disebutkan kalau menarik lebih banyak pengunjung adalah tujuan akhir mereka.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

16. Topik: Reading Comprehension for UTBK
Subtopik: Konsep Kilat General Information (NEW!)
What is the subject of the passage?
A. The emerging technology-specific change in retail industries
B. Digital transformation strategies and initiatives for retail organizations
C. The digitalization of retail business to push towards its improvements
D. The qualities of retailers in succeeding their digital transformation plans
E. Different ways of digital transformation in redefining retail stores
Jawaban: C
Pembahasan:
Soal tersebut menanyakan ide pokok dari teks. Ide pokok ini dapat diketahui dengan memerhatikan ide pokok dari setiap paragraf.
- Paragraf satu membahas tentang kualitas yang membuat sebuah pihak sukses dalam transformasi digital industri ritel.
- Paragraf dua menjelaskan gambaran tentang “toko masa depan”.
- Paragraf tiga menjelaskan masalah yang muncul dari penggunaan teknologi di industri ritel.
Berdasarkan ide pokok tersebut, dapat dipahami bahwa ide pokok dari bacaan adalah transformasi digital pada industri ritel, atau bisa dimaknai dengan digitalisasi bisnis ritel untuk mendorong peningkatannya atau bisa dimaknai dengan peningkatan fungsi dari sistem yang sudah ada pada industri ritel dengan teknologi. Dengan demikian, pilihan C tepat.
  • Pilihan A tidak tepat karena munculnya perubahan di industri ritel karena teknologi belum menunjukkan peningkatan, sementara kata transformasi artinya perubahan terutama ke arah yang lebih baik.
  • Pilihan B tidak tepat karena strategi dan inisiatif transformasi digital untuk organisasi ritel baru mewakili poin di paragraf satu dan tiga.
  • Pilihan D tidak tepat karena kualitas yang dimiliki oleh retailer yang ingin sukses dalam transformasi digitalnya hanya menjelaskan isi dari paragraf satu.
  • Pilihan E tidak tepat karena cara transformasi digital dalam mendefinisikan ulang toko ritel hanya digambarkan di paragraf kedua.
Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.


Itu dia tadi Latihan Soal UTBK 2023 Literasi Bahasa Inggris Lengkap Dengan Pembahasannya. Nantikan informasi – informasi menarik lainnya di artikel berikutnya yang akan datang. Cukup sekian untuk artikel kali ini, kurang lebihnya mohon maaf …
Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url