Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Sengketa Batas Wilayah?

Apa yang menyebabkan terjadinya sengketa batas wilayah? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran PPKN, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran PPKN ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Soal :
Apa yang menyebabkan terjadinya sengketa batas wilayah?

Jawaban :
Yang menyebabkan terjadinya sengketa batas wilayah adalah karena belum adanya kesepakatan atau ketidakjelasan dasar hukum antara negara yang bersengketa.
Pembahasan :
Perbatasan wilayah Indonesia dengan negara-negara lain kerap kali menimbulkan kesalahpahaman yang kemudian berakhir dengan konflik, meski pada akhirnya selalu bisa diselesaikan dengan cara yang damai. Wilayah perbatasan memiliki arti yang sangat vital serta strategis, baik itu dilihat dari sudut pandang perbatasan kabupaten/kota antarprovinsi atau perbatasan kabupaten/kota dalam satu provinsi. Mengacu pada Pasal 2 ayat (1) Permendagri Nomor 76 Tahun 2012, hal tersebut karena menyangkut pertahanan dan juga keamanan suatu negara, ekonomi, sosial, dan budaya, sehingga untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan, perlu memberikan kejelasan dan juga kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu daerah. Indonesia kerap kali mengalami sengketa betas wilayah dengan negara-negara lain. Pada data tahun 2009 dari Institute for Defense, Security and Peace Studies (IDSPS) menyebutkan jika Indonesia masih mempunyai sejumlah sengketa batas wilayah perbatasan yang masih belum terselesaikan.

Dengan demikan, yang menyebabkan terjadinya sengketa batas wilayah adalah karena belum adanya kesepakatan atau ketidakjelasan dasar hukum antara negara yang bersengketa.

Itu dia tadi pembahasan soal PPKN mengenai Apa yang menyebabkan terjadinya sengketa batas wilayah, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url