Temukan, Perbedaan Tugas Dan Fungsi Dari Bank Sentral, Bank Umum, Dan BPR!

Temukan, perbedaan tugas dan fungsi dari bank sentral, bank umum, dan BPR! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Temukan, perbedaan tugas dan fungsi dari bank sentral, bank umum, dan BPR!
Jawaban Dan Pembahasan :
1.) BI
Merupakan lembaga yang bertanggung jawab untuk menstabilkan harga maupun nilai mata uang yang berlaku pada suatu negara. Di Indonesia yang dijadikan sebagai bank sentral adalah Bank Indonesia. Secara geografis yang dinamakan bank sentral Indonesia yaitu bank yang berkantor pusat di Jakarta dan mempunyai kantor cabang di berbagai wilayah, & provinsi yang ada di Indonesia.
Tugas-tugas Bank Sentral :
  • Mengatur sirkulasi uang dengan cara menetapkan & menjalankan kebijakan moneter. Kebijakan moneter yaitu kebijakan yang dikeluarkan bank Indonesia untuk mencapai tujuan bank indonesia dengan cara mengontrol dan juga mengendalikan jumlah uang yang beredar & meningkatkan suku bunga.
  • Mengatur dan juga mendorong kelancaran sistem pembayaran & produksi. Untuk memelihara kelancaran pembayaran bank Indonesia dapat mengeluarkan atau memproduksi bahkan menarik uang beredar dengan menaikkan suku bunga.
2.) Bank umum
Merupakan bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional/berdasarkan pada prinsip syariah, yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Pada dasarnya, fungsi dari sebuah bank yakni sebagai lembaga perantara keuangan.
Tugas-tugas bank umum :
  • Menyediakan layanan jasa bank
  • Menghimpun dana dari masyarakat
  • Menyalurkan dana kepada masyarakat
  • Mendukung kelancaran mekanisme pembayaran
  • Mendukung kelancaran transaksi internasional
3) Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
meruapakan Bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional/berdasarkan pada prinsip - prinsip syariah, yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.
Tugas-tugas BPR :
  • Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan yang berupa tabungan, deposito berjangka, dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu.
  • Memberikan kredit.
  • Menyediakan pembiayaan & penempatan dana berdasarkan pada Prinsip Syariah, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Bank Indonesia.
  • Menempatkan dananya dalam bentuk SBI (Sertifikat Bank Indonesia), sertifikat deposito, deposito berjangka, dan atau tabungan pada bank lain.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai Temukan, perbedaan tugas dan fungsi dari bank sentral, bank umum, dan BPR!, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url