Jelaskan Produk Pasar Modal Yang Diperjualbelikan Di BEI! Analisislah Keunggulan Dan Kelemahan Dari Setiap Produk!

Jelaskan produk pasar modal yang diperjualbelikan di BEI! Analisislah keunggulan dan kelemahan dari setiap produk! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
1. Jelaskan produk pasar modal yang diperjualbelikan di BEI!
2. Analisislah keunggulan dan kelemahan dari setiap produk!

Jawaban Dan Pembahasan :
1. Produk pasar modal yang diperjualbelikan di BEI diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Saham : merupakan bukti kepemilikan sebagian dari perusahaan perseroan terbuka yang dijual di pasar saham.
  • Surat hutang (obligasi) : merupakan surat yang berisi kewajiban bagi perusahaan untuk membayar sejumlah tertentu sesudah masa tertentu kepada pemegang surat hutang (obligasi).
  • Reksadana : merupakan bentuk investasi dimana sejumlah investor mengumpulkan dananya untuk berinvestasi pada bidang tertentu dengan ditangani oleh suatu pengelola investasi.
2. Dibawah ini adalah analisis dari keunggulan dan kelemahan dari setiap produk :
 - Saham
  • Keungulan : pemilik saham dapat memiliki hak untuk menerima dividen dari setiap saham yang dimiliki, memperoleh capital gain, memiliki hak sebagai pemilik perusahaan.
  • Kelemahan : pemilik saham dapat mengalami risiko capital loss yakni harga jual lebih rendah dibandingkan dengan harga belinya.
 Surat hutang (obligasi)
  • Keungulan : Pemilik dapat mendapatkan pendapatan tetap berupa kupon, dan disamping itu pemilik juga dapat memperjualbelikan obligasi yang dimilikinya untuk memperoleh capital gain.
  • Kelemahan : pemilik dapat mengalami beberapa risiko yang diantaranya yaitu risiko perusahaan tidak mampu membayar kupon obligasi, dan juga ada risiko perusahaan tidak mampu mengembalikan pokok obligasi.
 - Reksadana
  • Keungulan : Dana yang dibutuhkan kecil, diversifikasi asset, dan Fleksibel (dapat menjadi instrumen investasi dalam berbagai jangka waktu, baik itu jangka pendek, menengah, dan bahkan jangka panjang)
  • Kelemahan : pemilik dapat mengalami resiko likuiditas yakni terlambat dibayarnya perintah penjualan.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai Jelaskan produk pasar modal yang diperjualbelikan di BEI! Analisislah keunggulan dan kelemahan dari setiap produk!, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url