Jika Kalian Memiliki Uang Rp10.000.000 Dan Akan Berinvestasi Di Pasar Modal Maka: A. Bagaimana Cara Kalian Menentukan Emiten Yang Akan Kalian Pilih Sebagai Tempat Berinvestasi? B. Produk Investasi Apakah Yang Kalian Pilih, Jelaskan Alasannya Mengapa! C. Bagaimana Cara Kalian Dalam Mengurangi Risiko Kegagalan/Kerugian Dalam Berinvestasi?


Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran IPS, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran IPS ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Jika kalian memiliki uang Rp10.000.000 dan akan berinvestasi di pasar modal maka:
a. Bagaimana cara kalian menentukan emiten yang akan kalian pilih sebagai tempat berinvestasi?
b. Produk investasi apakah yang kalian pilih, jelaskan alasannya mengapa!
c. Bagaimana cara kalian dalam mengurangi risiko kegagalan/kerugian dalam berinvestasi?

Jawaban Dan Pembahasan :
a. Cara menentukan emiten yang akan kita pilih sebagai tempat berinvestasi :
  • Lihat laporan keuangan, cara ini dilakukan agar kita dapat mengetahui lebih dalam mengenai manajemen serta kinerja dari suatu perusahaan, sehingga kita bisa menilai apakah perusahaan tersebut akan dapat berkembang dan cocok untuk tempat kita berinvestasi atau tidak.
  • Cari perusahaan yang laba/untung, perusahaan yang mengalami laba atau untung artinya perusahaan tersebut nilainya positif, namun jangan lupa untuk melihat kestabilan kinerja dari perusahaan tersebut dengan cara melihat pendapatan dan keuntungan dalam beberapa tahun terakhir.
  • Pilih perusahaan dengan nilai ROE diatas bunga kredit bank, ROE merupakan singkatan dari Return on Equity yang berarti tingkat pengembalian atas ekuitas atau asetnya harus lebih tinggi dari bunga kredit banknya.
b. Jika saya memiliki uang Rp10.000.000 dan akan berinvestasi di pasar modal maka menurut saya, saya akan memilih lebih dari satu produk investasi, misalnya yakni saya akan memilih saham dan obligasi, hal ini karena dengan saya memiliki lebih dari satu produk investasi maka diharapkan akan dapat mencegah kegagalan total, apabila ada salah satu dari produk investasi yang mengalami kerugian, masih ada produk investasi lainnya. Sehingga hal tersebut dapat mengurangi risiko kerugian.

c. Menurut saya, cara dalam mengurangi risiko kegagalan/kerugian dalam berinvestasi antara lain adalah sebagai berikut :
  • Memulainya dengan investasi kecil terlebih dahulu.
  • Memilih produk investasi yang tepat, ada berbagai jenis produk investasi yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
  • Membagi modal yang dimiliki dalam beberapa aset, dengan tujuan agar dapat mencegah kegagalan total, apabila salah satu dari aset mengalami kerugian, maka masih terdapat aset-aset lainnya yang mengalami keuntungan.

Itu dia tadi pembahasan soal IPS mengenai Jika kalian memiliki uang Rp10.000.000 dan akan berinvestasi di pasar modal maka: a. Bagaimana cara kalian menentukan emiten yang akan kalian pilih sebagai tempat berinvestasi? b. Produk investasi apakah yang kalian pilih, jelaskan alasannya mengapa! c. Bagaimana cara kalian dalam mengurangi risiko kegagalan/kerugian dalam berinvestasi?, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url