Tentukan Nama Yang Tepat Untuk Setiap Sisi Segitiga Siku-Siku Pada Gambar 4.12!

Tentukan nama yang tepat untuk setiap sisi segitiga siku-siku pada Gambar 4.12! - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.
Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Soal :
Tentukan nama yang tepat untuk setiap sisi segitiga siku-siku pada Gambar 4.12!
Jawaban :
z = sisi miring (hipotenusa)
x = sisi tegak
y = sisi alas

Pembahasan :
Perlu kita ingat bahwa :
Pada sebuah segitiga siku - siku, sisi yang berada didepan sudut siku - siku disebut dengan sisi miring (hipotenusa), sisi ini merupakan sisi yang terpanjang jika dibandingkan dengan kedua sisi lainnya. Kemudian kedua sisi lainnya yang terdapat pada segitiga siku - siku disebut dengan sisi tegak dan sisi alas.

Pada gambar yang ada pada soal, kita bisa tahu bahwa sisi z merupakan sisi miring atau hipotenusa, hal ini karena sisi z ini merupakan sisi yang berada tepat di depan sudut siku – siku pada segitiga tersebut. Kemudian, sisi x yang ada pada segitiga tersebut merupakan sisi tegak, sedangkan sisi y merupakan sisi alasnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa :
z = sisi miring (hipotenusa)
x = sisi tegak

Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai Tentukan nama yang tepat untuk setiap sisi segitiga siku-siku pada Gambar 4.12!, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url