Sebuah Minuman Dijual Dalam Tiga Kemasan Berbeda: Kecil, Sedang, Dan Besar. Jika Bonar Membeli 3 Kemasan Kecil, 2 Kemasan Sedang, Dan 3 Kemasan Besar, Dia Mendapat Minuman Sebanyak 4.700 Ml. Jika Bonar Membeli 3 Kemasan Kecil, 1 Kemasan Sedang, Dan 2 Kemasan Besar, Dia Mendapat 3.300 Ml. Jika Bonar Membeli 2 Kemasan Sedang Dan 2 Kemasan Besar, Dia Mendapat 2.800 Ml Minuman. Berapakah Volume Tiap Jenis Kemasan?

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
Sebuah minuman dijual dalam tiga kemasan berbeda: kecil, sedang, dan besar. Jika Bonar membeli 3 kemasan kecil, 2 kemasan sedang, dan 3 kemasan besar, dia mendapat minuman sebanyak 4.700 ml. Jika Bonar membeli 3 kemasan kecil, 1 kemasan sedang, dan 2 kemasan besar, dia mendapat 3.300 ml. Jika Bonar membeli 2 kemasan sedang dan 2 kemasan besar, dia mendapat 2.800 ml minuman. Berapakah volume tiap jenis kemasan?
a. Tuliskan sistem persamaan yang bersesuaian dengan permasalahan tersebut.
b. Apakah sistem persamaan itu termasuk sistem persamaan linear? Tuliskan alasannya.
c. Selesaikan sistem persamaan tersebut.
d. Ada berapa solusi yang ada? Jelaskan.
e. Apa artinya bagi Bonar jika sistem persamaan linear ini memiliki banyak solusi?

Jawaban Dan Pembahasan :
a. Misal k volume kemasan kecil, s volume kemasan sedang, dan b volume kemasan besar (semua volume dalam ml). Maka sistem persamaan yang bersesuaian dengan permasalahan tersebut adalah sebagai berikut :
3k + 2s + 3b = 4700
3k + s + 2b = 3300
2s + 2b = 2800

b. Sistem persamaan itu termasuk sistem persamaan linear, hal ini karena Semua variabel pada sistem persamaan tersebut berpangkat satu.

c. Eliminasi persamaan pertama dan persamaan kedua
3k + 2s + 3b = 4700
3k +   s + 2b = 3300 -
            s + b = 1400
Misal hasil eliminasi tersebut seluruh persamaannya kita kalikan dua, maka menjadi seperti berikut :
s + b = 1400 |x2| 2s + 2b = 2800

Sehingga, dapat kita simpulkan bahwa persamaan yang dihasilkan dari eliminasi tersebut merupakan persamaan yang sama dengan persamaan ketiga dalam sistem persamaan linear (seluruh persamaan dikalikan 2).

d. Proses penghitungan pada soal (c) menghasilkan persamaan yang sama dengan persamaan ketiga (sehingga jika digambar grafik, grafiknya berupa dua garis berimpit), maka dapat disimpulkan bahwa sistem persamaan linear tersebut memiliki banyak solusi.

e. Artinya bagi Bonar jika sistem persamaan linear ini memiliki banyak solusi adalah Bonar membeli merek minuman berbeda dengan ukuran kemasan kecil, sedang, dan besar yang berbeda-beda tiap mereknya, Dengan kata lain ada banyak kemungkinan volume kemasan kecil, sedang, dan besar, contohnya yaitu k = 366,6, s = 600, b = 800 adalah solusi, k = 333,33 , s = 500, b = 900 juga solusi.

Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai Berapakah volume tiap jenis kemasan?, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url