Bu Wati Membeli Tiga Jenis Buah. Kalau Ia Membeli 3 Kg Jeruk, 3 Kg Pepaya, Dan 1 Kg Salak, Ia Harus Membayar Rp130.000,00. Jika Bu Wati Membeli 2 Kg Jeruk, 2 Kg Pepaya, Dan 1 Kg Salak, Ia Harus Membayar Rp100.000,00. Jika Bu Wati Mau Membeli 1 Kg Jeruk Dan 1 Kg Pepaya, Ia Harus Membayar Rp50.000,00. Berapakah Harga Tiap Kg Setiap Jenis Buah?

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…
Soal :
Bu Wati membeli tiga jenis buah. Kalau ia membeli 3 kg jeruk, 3 kg pepaya, dan 1 kg salak, ia harus membayar Rp130.000,00. Jika Bu Wati membeli 2 kg jeruk, 2 kg pepaya, dan 1 kg salak, ia harus membayar Rp100.000,00. Jika Bu Wati mau membeli 1 kg jeruk dan 1 kg pepaya, ia harus membayar Rp50.000,00. Berapakah harga tiap kg setiap jenis buah?
a. Tuliskan sistem persamaan yang bersesuaian dengan permasalahan tersebut.
b. Apakah sistem persamaan itu termasuk sistem persamaan linear? Tuliskan alasannya.
c. Selesaikan sistem persamaan tersebut.
d. Ada berapa solusi yang ada? Jelaskan.
e. Apa artinya bagi Bu Wati jika sistem persamaan linear ini tidak memiliki solusi?
Jawaban Dan Pembahasan :
a. Misal j adalah harga tiap kg jeruk, p adalah harga tiap kg pepaya, dan s adalah harga tiap kg salak, maka sistem persamaan yang bersesuaian dengan permasalahan tersebut adalah sebagai berikut :
3j + 3p + s = 130.000
2j + 2p + s = 100.000
j + p = 50.000
b. sistem persamaan tersebut termasuk sistem persamaan linear, hal ini karena semua variabelnya berpangkat satu.

c. Eliminasi persamaan pertama dan kedua diperoleh :
3j + 3p + s = 130.000
2j + 2p + s = 100.000 -
          j + p = 30.000
Jika kita bandingkan antara nilai j + p hasil eliminasi diatas, dengan nilai j + p yang ada pada jawaban soal a, kita bisa tahu bahwa nilai dari j + p tersebut tidak sama atau tidak konsisten. Sehingga sistem persamaan tersebut tidak dapat di selesaikan.

d. Karena ada ketidak konsistenan pada nilai j + p, maka sistem persamaan linear tersebut tidak memiliki solusi.

e. Artinya bagi Bu Wati jika sistem persamaan linear ini tidak memiliki solusi adalah bahwa Bu Wati kemungkinan membeli buah jeruk, pepaya dan salak di toko yang berbeda, sehingga harga buahnya pun berbeda.

Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai Berapakah harga tiap kg setiap jenis buah?, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url