Demi Keamanan, Tangga Seharusnya Diletakan Dengan Sudut Kemiringan 75°. Diketahui, Tinggi Satu Lantai Pada Gedung Berikut Adalah 3.2 Meter. Jika Tangga Perlu Disediakan Tepat Diluar Jendela Lantai 3, Berapakah Panjang Tangga Yang Diperlutkan?

Demi keamanan, tangga seharusnya diletakan dengan sudut kemiringan 75°. Diketahui, tinggi satu lantai pada gedung berikut adalah 3.2 meter. Jika tangga perlu disediakan tepat diluar jendela lantai 3, berapakah panjang tangga yang diperlutkan? - Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh semua teman - teman pelajar dari seluruh Nusantara yang ada di sabang sampai merauke tentunya. Balik lagi bersama gua disini,,, di mana lagi kalau bukan di seocontoh.web.id.

Pada artikel kali ini gua akan melakukan pembahasan soal mata pelajaran Matematika, yaps semakin sering kita melakukan pembahasan soal, baik itu pembahasan soal pada mata pelajaran Matematika ataupun mata pelajaran lainnya, maka semakin bertambah pula ilmu serta wawasan kita. Tanpa basa – basi lagi ayo kita langsung menuju ke pembahasan soalnya…

Soal :
1. Jika cos x = 20/29, berapa nilai sin x dan tan x ?
2. Sebuah persegi memiliki panjang garis diagonal 18cm. Berapa panjang sisi persegi tersebut?

3. Demi keamanan, tangga seharusnya diletakan dengan sudut kemiringan 75°. Diketahui, tinggi satu lantai pada gedung berikut adalah 3.2 meter. Jika tangga perlu disediakan tepat diluar jendela lantai 3, berapakah panjang tangga yang diperlutkan?

Jawaban Dan Pembahasan :
1. cos x = 20
                29
    cos x = sisi samping
                 sisi miring
Maka, sisi samping segitiga adalah 20, dan sisi miringnya 29, Untuk mencari sin x dan tan x, kita membutuhkan sisi depan dari segitiga tersebut :
Sisi depan =√(29² - 20²) =√(841-400) =√441 = 21

Mencari sin x
sin x = sisi depan 
            sisi miring
sin x = 21
            29

Mencari tan x
tan x = sisi depan    
            sisi samping
tan x = 21
            20

Jadi, sin x = 21/29 dan tan x = 21/20

2. Dari keterangan yang ada pada soal, dapat kita gambarkan sebagai berikut :
Untuk mencari panjang sisi persegi, kita bisa menggunakan sin 45°
sin 45° = sisi depan 
                sisi miring
       √2 = panjang sisi persegi
        2      panjang diagonal
       √2
        2     18
         x = 9√2
Jadi panjang sisi persegi adalah 9√2 cm

3. Agar tangga dapat berada tepat di luar jendela lantai 3, maka ketinggian tangga harus berada pada 6.4 meter (tinggi dua lantai).

Kemudian, untuk mencari panjang tangga kita bisa menggunakan rumus sin, dengan cara sebagai berikut :

    sin θ = sisi depan 
                sisi miring
sin 75° = tinggi gedung  
                panjang tangga
    0,96 = 6,4
                x
        x = 6,67
Jadi, panjang tangga yang diperlutkan adalah 6,67 m

Itu dia tadi pembahasan soal Matematika mengenai Demi keamanan, tangga seharusnya diletakan dengan sudut kemiringan 75°. Diketahui, tinggi satu lantai pada gedung berikut adalah 3.2 meter. Jika tangga perlu disediakan tepat diluar jendela lantai 3, berapakah panjang tangga yang diperlutkan?, semoga dengan adanya pembahasan soal serta penjabaran jawaban di atas, bisa membantu teman – teman pelajar untuk bisa lebih memahami materi pelajaran yang terkait dengan soal tersebut, terimakasih…

Sampai jumpa lagi, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url